• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua

4 Hal tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Apgar Score dapat membantu dokter mendeteksi masalah pada bayi baru lahir. Skor yang rendah menandakan adanya masalah.”

4 Hal tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua4 Hal tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Tugas dokter membantu proses persalinan tidak berhenti saat bayi berhasil keluar dari tubuh ibunya selama. Ada tes tertentu yang harus dilakukan, dan penilaiannya ditentukan dari skor yang kemudian diberi nama Apgar Score.

Jika bayi tidak mendapat skor yang cukup tinggi, itu mungkin merupakan tanda bahwa perhatian medis tambahan diperlukan. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Memahami Apgar Score pada Bayi Baru Lahir

Pemeriksaan Apgar dilakukan untuk memeriksa detak jantung dan otot bayi dan mencari tanda-tanda kesehatan vital lainnya. Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui seputar Apgar Score:

  1. Nama “Apgar” Sebenarnya Adalah Akronim

Sistem penilaian Apgar Score dibuat oleh Virginia Apgar. Namun, belakangan ini kata “Apgar” dibuatkan jembatan keledai sebagai akronim dari Appearance, Pulse, Grimace, Activity, Respiration (warna kulit, denyut jantung, respons refleks, tonus otot/keaktifan, dan pernapasan). 

Tujuannya adalah untuk mempermudah menghafal. Masing-masing dari lima indikator Apgar Score diberi peringkat nol, satu, atau dua, dengan dua sebagai skor tertinggi dan terbaik.

  1. Pemeriksaan Biasanya Dilakukan Dua Kali

Penilaian dengan Apgar Score biasanya dilakukan dua kali, yang pertama satu menit setelah bayi lahir dan kemudian sekitar lima menit setelah bayi lahir. Jika dokter memiliki kekhawatiran, mereka mungkin akan memeriksa bayi untuk ketiga kalinya untuk melihat apakah kekhawatiran mereka telah teratasi.

  1. Ada Lima Hal yang Diperiksa

Dalam penilaian Apgar Score, ada lima hal yang diperiksa oleh dokter, yaitu:

  • Penampilan (Appearance). Dokter melihat warna kulit bayi untuk memeriksa tanda-tanda sirkulasi yang buruk. Skor dua diberikan untuk penampilan normal. Jika tangan dan kaki bayi kebiruan, maka didapat skor satu. Kalau abu-abu kebiruan atau pucat di seluruh tubuh, dapat skor nol. 
  • Detak Jantung (Pulse). Normalnya, detak jantung bayi lebih dari 100 detak per menit. Tingkat detak jantung ini mendapatkan skor dua. Jika di bawah itu, maka didapat skor satu. Namun jika tidak ada denyut nadi yang terlihat adalah nol.‌
  • Respon Meringis (Grimace). Saat lahir, bayi harus memberi respons menangis atau meringis karena rangsangan apa pun. Jika respons bagus, maka mendapat skor dua. Jika bayi meringis tetapi tidak mengeluarkan suara, skornya adalah satu. Namun jika tidak terjadi respons sama sekali terhadap stimulasi, nilainya nol.‌
  • Aktivitas (Activity). Bayi perlu untuk menunjukkan tonus otot yang cukup saat ia lahir. Gerakan yang aktif dan terjadi sendiri mendapat skor dua. Bayi baru lahir dengan lengan dan kaki yang tertekuk tetapi tidak bergerak menerima skor satu. Jika bayi tidak merespons, skornya adalah nol.
  • Pernapasan (Respiration) Bayi harus menangis keras, tanda pernapasan normal yang mendapat skor dua. Jika pernapasan bayi lambat atau tidak teratur atau tangisannya lemah, skornya adalah satu. Kurang bernapas atau menangis dinilai sebagai nol.
  1. Skor Kurang dari Tujuh Dianggap Tidak Sehat

Sangat sedikit bayi yang menerima skor sempurna, yaitu sepuluh. Sebab, perubahan warna tangan dan kaki sangat umum terjadi saat lahir. Skor tujuh atau lebih tinggi biasanya dinilai sehat. 

Jika kurang dari tujuh, maka dianggap tidak sehat, dan dokter harus menentukan perawatan medis apa yang diperlukan. Ini mungkin termasuk menyedot saluran udara bayi untuk mengeluarkan cairan atau memberikan oksigen.

Namun, bayi yang sangat sehat pun bisa mendapat Apgar Score di bawah tujuh setelah lahir. Ini sebabnya dokter perlu mengulangi tes setelah lima menit. Nah, beberapa paling umum yang membuat skor rendah pada bayi yang sehat adalah:

  • Kehamilan resiko tinggi.
  • Kelahiran melalui operasi caesar.
  • Persalinan atau persalinan yang sulit‌.
  • Kelahiran prematur.

Jika Apgar Score bayi tidak membaik setelah lima menit, tim medis dapat melakukan perawatan tambahan untuk membantu bayi berkembang. Selama bayi menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, dokter dan perawat akan mengawasi situasi dengan cermat.

Ingatlah bahwa tes ini tidak dirancang untuk memprediksi apa pun tentang masa depan anak. Tes ini juga tidak memberikan informasi apa pun tentang pertumbuhan jangka panjang, perilaku, atau kondisi kesehatan yang tepat. 

Ini hanya berfungsi untuk membantu dokter mengidentifikasi apakah bayi membutuhkan tindakan medis tambahan setelah lahir atau tidak. Jika Ibu memiliki pertanyaan lebih lanjut, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. What Is the Apgar Score?
Grow by WebMD. Diakses pada 2022. What To Know About an Apgar Score.
Healthy Children. Diakses pada 2022. Apgar Scores.