• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal yang Bisa Bikin Anjing Peliharaan Jadi Stres

4 Hal yang Bisa Bikin Anjing Peliharaan Jadi Stres

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sama seperti manusia, anjing bisa mengalami stres. Ada banyak penyebab yang membuat anjing peliharaan stres. Terkadang, pemilik anjing juga dapat menyebabkan anjingnya stres tanpa menyadarinya. Tentu tidak ada satupun pemilik anjing yang ingin melihat anjingnya stres. Itulah pentingnya memperhatikan dan mempelajari apa yang menyebabkan stres pada anjing peliharaan untuk bisa menghindarinya. 

Ada banyak hal yang bisa membuat anjing peliharaan jadi stres. Salah satu yang paling umum terjadi ketika anjing dibiarkan sendirian untuk waktu yang lama. Anjing adalah makhluk sosial dan mereka membutuhkan teman. Jika ia terlalu lama sendirian, maka anjing bisa kesepian dan ketakutan dan akhirnya stres. 

Penyebab Stres yang Umum Dialami Anjing Peliharaan

Ada beberapa situasi umum yang dapat membuat anjing kesayangan kamu menjadi stres, yaitu:

  1. Suara Keras. Anjing memiliki pendengaran yang sangat sensitif, jadi suara keras hanya diperkuat untuk mereka. Pelajari cara menenangkan anjing jika berada di sekitar suara yang keras. 
  2. Pindah. Termasuk pindah rumah. Setelah anjing kehilangan orang yang dicintai, atau membawanya dari pet shop di mana kamu membelinya, tempat baru dapat membuat anjing cemas. Jika kamu melihat anjing bertingkah seperti buang air kecil sembarangan atau muntah di rumah, mungkin saja ia sedang stres dengan lingkungan barunya. 
  3. Meninggalkan Anjing Sendiri di Rumah. Mungkin untuk suatu alasan kamu harus meninggalkan anjing di rumah sendirian untuk waktu yang lama. Bagi anjing yang terbiasa ditemani di rumah, mungkin akan stres karena cemas akan perpisahan. 
  4. Memperkenalkan Anjing kepada Orang Baru. Terlepas dari anggapan bahwa anjing dapat berteman dengan manusia, tapi tidak semua anjing suka diperkenalkan kepada setiap manusia. Entah karena perlakuan buruk dari pemilik sebelumnya atau karena sifat alami anjing. Anjing kamu mungkin perlu waktu untuk akrab dengan orang baru. Hal yang bisa kamu lakukan yaitu memperkenalkan secara perlahan dan jangan memaksanya. Beri anjing banyak waktu dan ruang agar merasa nyaman dengan orang baru. 

Baca juga: Kapan Sebaiknya Kucing Diberikan Vaksin?

Meskipun terkadang stres bermanfaat bagi anjing untuk belajar cara mengatasi hal-hal baru, namun sebaiknya tetap hindari stres. Ada banyak tanda dan gejala yang menunjukkan bahwa anjing sedang stres. Cara terbaik yaitu mempelajari penyebab stres untuk dapat membantu anjing. 

Ada banyak tanda anjing mengalami stres yang dapat terlihat, seperti terengah-engah, telinga terlipat lebih dekat ke arah kepala atau lebih tersemat ke belakang, merengek dan melolong, kaki berkeringat, diare, sembelit, mengeluarkan air liur, nafsu makan berkurang, dan peningkatan durasi tidur. Sangat penting untuk mempelajari perilaku anjing. Dengan begitu, kamu dapat melihat perubahan dalam perilaku dan menghilangkan penyebab. 

Selain itu ada banyak cara untuk membantu mencegah anjing stres. Hal pertama yang harus diingat adalah menghindari situasi yang membuat anjing menjadi stres. Misalnya, jika anjing kamu tidak suka air, maka janganlah mendorongnya ke danau atau kolam, karena akan membuatnya stres. Perlu juga memastikan anjing banyak olahraga karena aktivitas fisik akan membantunya untuk rileks. 

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Hal terpenting yang perlu diingat bahwa anjing dapat merasakan emosi pemiliknya. Artinya, mereka dapat dengan mudah apa yang kamu rasakan dan menjadi ikut stres bersama dengan kamu. Jadi, cobalah untuk menenangkan diri dan secara otomatis kamu akan menenangkan anjing kesayangan kamu juga. 

Jika anjing peliharaan kamu menunjukkan gejala stres seperti menggonggong terus-menerus dan tidak mau makan, cobalah untuk bertanya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Hill’s Pet. Diakses pada 2020. Stress in Dogs: Causes, Symptoms & Finding Relief
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Understanding, Preventing, and Treating Dog Anxiety
My Petsies. Diakses pada 2020. What Causes Stress in Dogs and How to Ease It