• Home
  • /
  • Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan sebelum Menikah

Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan sebelum Menikah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Halodoc, Jakarta - Menjelang hari pernikahan, tentunya ada banyak hal yang harus kamu dan pasangan persiapkan agar hari bahagia itu berjalan dengan lancar. Namun, ada beberapa hal penting yang mungkin luput, yaitu menyiapkan mental secara pribadi dan membicarakan banyak hal dengan pasangan, yang bersangkutan dengan kehidupan setelah menikah.

Ya, hal itu penting, karena kehidupan pernikahan akan sangat berbeda dengan masa-masa pacaran. Pasangan yang telah kamu kenal betul bisa saja akan tampak berbeda setelah menikah. Hal itu sebenarnya bukan karena pasanganmu berubah, tetapi karena kamu mungkin belum mengenal pasanganmu secara keseluruhan, termasuk prinsip dan cara pikirnya.

Baca juga: 4 Manfaat Konseling Pernikahan

Maka, bicarakanlah beberapa hal berikut dengan pasangan, sebelum kalian menikah:

1. Keuangan

Sebelum menikah, cobalah untuk membicarakan masalah keuangan dengan pasangan secara terbuka. Hal ini dapat membuat kehidupan rumah tangga kamu dan pasangan lebih damai, jelas, dan semakin mantap untuk sama-sama melangkah maju. Tentukan siapa yang akan memegang kendali terhadap keuangan rumah tangga dan bagaimana rencana menabung. Jika dirasa sulit untuk dipegang oleh satu orang, kamu dan pasangan bisa bersepakat untuk berbagi peran dan tanggung jawab.

Tentukan siapa yang akan membiayai kebutuhan harian, siapa yang membayar cicilan, dan siapa yang akan bertanggungjawab untuk tabungan, investasi, serta dana darurat. Intinya, diskusikanlah dengan matang perencanaan keuangan kamu dan pasangan sebelum memulai rumah tangga. Dengan begitu, setelah menikah kamu dan pasangan tidak akan merasa bingung serta canggung untuk mengelola keuangan bersama.

Penelitian yang dilakukan Jeffrey Dew dan rekan-rekannya, yang dipublikasikan dalam Journal of Financial Therapy, bahkan menemukan bahwa membicarakan masalah keuangan sebelum menikah itu penting, karena argumen tentang uang tidak selalu hanya tentang uang. Maksudnya, ketika membicarakan masalah keuangan, kamu dan pasangan mungkin akan mencerminkan bagaimana perasaan masing-masing tentang kekuatan, komitmen, rasa hormat, dan keadilan dalam hubungan.

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

2. Anak

Banyak di antara pasangan yang mungkin menginginkan kehadiran buah hati setelah menikah. Namun sebelum menjadi orangtua, bicarakan juga masalah anak pada pasangan, sebelum menikah. Bicarakanlah tentang waktu yang tepat untuk memulai program hamil, apa yang diinginkan setelah memiliki anak, dan berbagai rencana lainnya tentang anak.

Sebab, beberapa orang terkadang ingin menyiapkan pondasi keuangan yang kuat terlebih dahulu, sehingga ingin menunda program hamil. Jadi, sebaiknya bicarakan hal ini terlebih dahulu dengan pasangan. Selain itu, pola pengasuhan anak juga perlu dibicarakan sejak awal. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan tidak memiliki pola pengasuhan yang berbeda nantinya.

3. Pengalaman Masa Kecil

Selain merancang masa depan bersama pasangan, penting juga untuk mengetahui berbagai hal dari masa lalu pasangan, seperti pengalaman masa kecil misalnya. Banyak dari pasangan yang mungkin enggan membahas pengalaman masa kecil yang buruk, tetapi hal ini sebenarnya cukup penting untuk dibicarakan. Apalagi, trauma pada masa kecil kerap menjadi faktor penyebab gangguan mental pada usia dewasa.

Oleh karena itu, cobalah untuk lebih banyak terbuka pada pasangan dan ceritakan semua hal tentang dirimu, termasuk pengalaman masa kecil yang buruk sekalipun. Hal ini dapat membantu kamu dan pasangan untuk saling memahami, ketika ada situasi emosional nantinya. Jika kamu merasa butuh bantuan psikolog untuk mengatasi trauma masa kecil yang mungkin ada, kamu bisa konsultasi pada psikolog di aplikasi Halodoc, atau buat janji dengan psikolog di rumah sakit, dan minta pasangan untuk menemani.

Baca juga: Berencana Menikah? Ini 8 Hal yang Wajib Dipelajari

4. Tempat Tinggal

Setelah menikah, tentu kamu dan pasangan akan hidup bersama. Lalu bagaimana jika kamu dan pasangan belum memiliki rumah bersama? Hal ini perlu kamu bicarakan dengan pasangan. Apakah kalian akan mengontrak atau tinggal di salah satu rumah orangtua kalian? Tentu jika kalian memilih untuk mengontrak, kamu dan pasangan juga harus memikirkan masalah keuangan, lokasi tempat tinggal, dan akses menuju kantor masing-masing.

Jika kamu dan pasangan memilih untuk menetap di salah satu rumah kalian, tidak ada salahnya membicarakan masalah kebiasaan keluarga kalian. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan tidak kaget melihat kebiasaan keluarga. Tentu hal ini akan berkaitan dengan kenyamanan salah satu dari kalian. Bahayanya, jika salah satu dari kalian merasa tidak nyaman, tentu hal ini akan memicu pertengkaran rumah tangga.

5. Hubungan Intim

Menikah memang identik dengan masalah hubungan intim. Tidak ada salahnya membicarakan masalah ini dengan pasangan sebelum kamu menikah. Diskusikan mengenai frekuensi hubungan intim yang akan kalian lakukan setelah menikah nanti, atau hal-hal romantis yang kalian suka sebelum melakukan hubungan intim. Tentu hal ini akan membantu hubungan rumah tangga kalian menjadi lebih hangat.

 

Referensi:
Journal of FinancialTherapy (2012), vol. 3, issue 1, 43-61. Diakses pada 2020. A Financial Issue, A Relationship Issue, or Both? Examining the Predictors of Marital Financial Conflict.
Psychology Today. Diakses pada 2020. The 6 Talks a Couple Needs to Have Before Marriage.
Huffpost. Diakses pada 2020. 15 Things Every Couple MUST Discuss Before Getting Married.