4 Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
yang harus dibicarakan sebelum menikah, manfaat konseling sebelum menikah, membahas kehidupan setelah menikah,pernikahan

Halodoc, Jakarta – Menjelang hari pernikahan tentu semakin banyak hal-hal yang harus kamu persiapkan agar perayaan pernikahan kamu berjalan lancar. Namun perlu diingat, kamu juga harus menyiapkan diri kamu untuk menjalani kehidupan rumah tangga yang sebenarnya.

Baca juga: 4 Manfaat Konseling Pernikahan

Selain menyiapkan mental secara pribadi, kamu juga perlu membahas beberapa hal yang bersangkutan dengan kehidupan setelah menikah. Jangan jadikan beberapa masalah tersebut hambatan dalam kehidupan pernikahan kamu ke depannya.

1. Masalah Keuangan

Sebelum menikah, bicarakanlah masalah keuangan dengan pasangan. Membicarakan keuangan secara terbuka akan lebih membuat kehidupan kamu dan pasangan semakin mantap untuk melangkah ke depan. Jangan lupa tentukan siapa yang akan memegang kendali terhadap keuangan rumah tangga. Selain itu, kamu juga bisa menentukan apa saja yang akan menjadi tanggung jawab kamu dan pasangan.

Dengan begitu, setelah menikah kamu dan pasangan tidak akan merasa bingung serta canggung untuk mengelola keuangan bersama. Bicarakan juga kebijakan mengenai penggunaan uang tabungan dan bulanan setelah menikah nanti.

2. Anak

Membicarakan masalah anak juga nampaknya sangat diperlukan sebelum kamu menikah. Sangat penting untuk membicarakan masalah anak dan mengetahui apa yang diinginkan setelah memiliki anak. Bicarakanlah mengenai waktu yang tepat untuk memulai program anak.

Beberapa orang terkadang ingin menyiapkan masalah keuangan terlebih dahulu setelah menikah, sehingga menunda program anak. Sebaiknya ini dibicarakan dengan pasangan. Pola pengasuhan anak juga perlu dibicarakan sejak awal. Hal ini dilakukan supaya kamu dan pasangan tidak memiliki pola pengasuhan yang berbeda.

3. Tempat Tinggal

Setelah menikah, tentu kamu dan pasangan akan hidup bersama. Lalu bagaimana jika kamu dan pasangan belum memiliki rumah bersama? Hal ini perlu kamu bicarakan dengan pasangan. Apakah kalian akan mengontrak atau tinggal di salah satu rumah orangtua kalian?

Tentu jika kalian memilih untuk mengontrak, kamu dan pasangan juga harus memikirkan masalah keuangan, lokasi tempat tinggal, dan akses menuju kantor masing-masing. Jika kamu dan pasangan memilih untuk menetap di salah satu rumah kalian, tidak ada salahnya membicarakan masalah kebiasaan keluarga kalian. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan tidak kaget melihat kebiasaan keluarga. Tentu hal ini akan berkaitan dengan kenyamanan salah satu dari kalian. Bahayanya, jika salah satu dari kalian merasa tidak nyaman, tentu hal ini akan memicu pertengkaran rumah tangga.

4. Hubungan Intim

Menikah memang identik dengan masalah hubungan intim. Tidak ada salahnya membicarakan masalah hubungan intim dengan pasangan sebelum kamu menikah. DIskusikan mengenai frekuensi hubungan intim yang akan kalian lakukan setelah menikah nanti.

Membicarakan hal-hal romantis yang kalian suka sebelum melakukan hubungan intim juga menarik untuk dibahas. Tentu hal ini akan membantu hubungan rumah tangga kalian menjadi lebih hangat.

Tidak ada salahnya juga menjadwalkan untuk berpergian ke luar kota bersama pasangan di sela-sela kesibukan. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan mendapatkan pengalaman seksual yang berbeda dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Jangan lupa persiapkan kesehatan kamu dan pasangan sebelum menikah. Melakukan beberapa pemeriksaan yang penting sebelum menikah nyatanya membuat kehidupan rumah tangga kamu juga menjadi lebih harmonis. Kamu juga bisa menanyakan seputar kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!