• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Guinea Pig
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Guinea Pig

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Guinea Pig

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 07 Desember 2021
4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Guinea Pig

Alasan mengapa pelihara guinea pig sangat beragam. Namun, umumnya hewan ini menjadi pilihan karena bertubuh imut, menyenangkan, serta tidak membutuhkan perawatan yang tidak terlalu sulit. Dari segi kesehatan pun hewan ini cenderung sehat.”

Halodoc, Jakarta – Alasan mengapa pelihara guinea pig mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang. Hewan bertubuh mungil ini memang cocok dijadikan hewan peliharaan yang menggemaskan. Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk memelihara hewan ini, mulai dari jenis diet yang tepat, pemilihan kandang, serta risiko penyakit yang mungkin dialami. 

Faktanya, mengetahui alasan mengapa pelihara guinea pig saja tidaklah cukup. Memang, guinea pig dikenal sebagai hewan yang tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit. Namun, tetap saja penanganan yang tepat perlu diberikan agar hewan peliharaan ini selalu sehat dan tumbuh dengan baik. Biar lebih jelas, berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memelihara hewan ini! 

Alasan Mengapa Pelihara Guinea Pig 

Ada banyak alasan seseorang dalam memilih hewan peliharaan. Bagi beberapa orang, memiliki hewan peliharaan berukuran kecil, tetapi aktif dan mudah bersosialisasi mungkin menjadi hal yang diinginkan. Kalau begitu, guinea pig mungkin menjadi pilihan yang cocok. Hewan mungil ini merupakan jenis hewan yang aktif dan bisa dengan mudah menjadi “kesayangan”. 

Dari segi perawatan, guinea pig juga cenderung mudah. Untuk urusan tempat tinggal, hewan ini juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar. Makanan yang dikonsumsi juga cukup mudah ditemukan. Bagaimana, sudah menemukan alasan mengapa pelihara guinea pig? 

Selanjutnya, penting juga untuk mengetahui sejumlah fakta dan tips merawat hewan yang satu ini: 

  1. Hewan Sosial 

Tidak hanya manusia, ada juga hewan yang memiliki jiwa sosial dan keinginan untuk selalu bersosialisasi yang cukup tinggi. Mereka senang untuk berinteraksi dan berkumpul dengan sesamanya, Maka dari itu, disarankan untuk menyatukan guinea pig betina dengan guinea pig betina lainnya di dalam satu kendang yang sama. Namun, hal ini mungkin tidak berlaku bagi pejantan. Dua ekor guinea pig jantan yang disatukan dalam satu kendang malah bisa bertengkar. 

  1. Pisahkan dengan Hewan Lain 

Meskipun senang berkumpul, tetapi sebaiknya guinea pig dipisahkan dengan hewan peliharaan lain yang ada di rumah. Terlebih jika kamu memiliki hewan peliharaan yang memiliki insting berburu secara alami, seperti anjing dan kucing. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan guinea pig. 

  1. Asupan Makanan 

Guinea pig adalah kelompok hewan herbivora. Artinya, hewan kecil ini hanya mengonsumsi makanan berupa tumbuh-tumbuhan atau sayuran. Kamu bisa memberi makan hewan ini dengan sayuran yang ada di rumah, seperti kale dan wortel. Bisa juga memilih makanan khusus hewan yang dijual di pasaran. Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan untuk memberikan makanan yang mengandung vitamin C setiap harinya, karena tubuh hewan ini tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin yang dibutuhkan. 

  1. Masalah Kesehatan 

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah masalah kesehatan guinea pig. Nyatanya, ada beberapa jenis penyakit yang rentan menyerang hewan kecil ini, seperti penyakit kulit, gangguan pernapasan dan paru-paru, penyakit gigi, diare, gangguan pencernaan, hingga pembengkakan pada badan. 

Beragam gejala penyakit yang dialami guinea pig sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Apalagi kalau gejala penyakit muncul terus dan berlangsung dalam jangka waktu panjang. Jika ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan dan menyampaikan gejala yang muncul. Dapatkan tips pengobatan terbaik dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Guinea Pig: Species Profile. 
Pdsa.org. Diakses pada 2021. Guinea pig health.