• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman

4 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Mei 2022

“Jenis olahraga menurunkan berat badan yang ampuh adalah yang bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Beberapa pilihan yang baik, antara lain joging, bersepeda, latihan beban, dan berenang.”

4 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman

Halodoc, Jakarta – Selain mengatur pola makan, olahraga juga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Olahraga menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Pada dasarnya, hampir semua jenis olahraga bisa membakar kalori, sehingga mampu membantu menjaga berat badan bila dilakukan secara rutin. Namun, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa membakar lebih banyak kalori.

Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, berikut jenis olahraga yang baik untuk kamu lakukan secara rutin: 

1.Joging

Joging merupakan olahraga menurunkan berat badan yang ampuh, karena membakar banyak kalori. Menurut Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram bisa membakar sekitar 298 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan 8 km/jam.

2. Bersepeda

Bukan hanya menjadi olahraga menurunkan berat badan yang ampuh dan aman, bersepeda juga sudah terbukti bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan sensitivitas insulin dan penurunan risiko penyakit tertentu.

3. Latihan Beban

Latihan beban juga membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori selama dan setelah latihan. Olahraga ini juga bisa membangun massa otot yang meningkatkan tingkat metabolisme istirahat kamu, yaitu jumlah kalori yang dibakar tubuh saat kamu istirahat.

4. Berenang

Berenang adalah olahraga menurunkan berat badan yang sangat ampuh, karena menggabungkan kardio dengan latihan kekuatan. Air juga menambahkan efek resistensi yang membuat kamu menggunakan lebih banyak otot untuk bergerak.

Saat berenang, kamu juga hampir menggunakan semua anggota tubuh dimana hal itu baik untuk membangun kekuatan dan daya tahan.

Saat ingin menurunkan berat badan, ingat untuk selalu menggunakan cara yang sehat ya. Bila kamu mengalami masalah kesehatan saat menurunkan berat badan, segera periksakan diri dengan buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 8 Best Exercises for Weight Loss.
Prevention. Diakses pada 2022. 11 Best Exercises for Weight Loss, According to Experts and Research