• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga Ringan di Rumah selama Pandemi

4 Jenis Olahraga Ringan di Rumah selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Jenis Olahraga Ringan di Rumah selama Pandemi

“Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menghindari serangan dari virus corona di masa pandemi ini. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis olahraga di rumah yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Untuk terhindar dari penyakit COVID-19 yang menyebabkan pandemi ini, penting untuk menjaga tubuh untuk tetap bugar. Untuk menurunkan risiko terserang virus corona, setiap orang disarankan untuk olahraga di rumah dibandingkan di luar rumah. Meski begitu, tidak semua orang tahu jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan saat hanya berada di rumah. Nah, berikut adalah beberapa olahraga ringan yang cocok dilakukan selama pandemi!

Beberapa Olahraga Ringan di Rumah Selama Pandemi

Saat kamu harus tetap di rumah dan berusaha untuk tetap sehat agar fisik kuat melawan virus corona yang mungkin menyerang, penting untuk tetap rutin untuk berolahraga. Jika kamu terbiasa untuk berolahraga di luar rumah, tentu bingung dengan aktivitas yang cocok untuk dilakukan di dalam ruangan.

Baca juga: Berhenti Olahraga saat Pandemi, Ini Dampaknya pada Tubuh

Dengan berolahraga, bukan hanya menjaga sistem imunitas kamu tetap prima, tetapi juga mampu untuk meringankan perasaan stres yang rentan timbul saat masa karantina seperti ini. Bahkan, olahraga di rumah juga sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh untuk mengalami berbagai macam penyakit yang mungkin timbul akibat harus duduk seharian di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis olahraga ringan di rumah yang cocok untuk menjaga kebugaran. Berikut ini beberapa olahraga tersebut:

1. Knee to Elbow

knee to elbow

Salah satu olahraga ringan di rumah yang mudah untuk dilakukan dan juga menyehatkan adalah knee to elbow. Gerakan ini dilakukan dengan membuat lutut kaki kanan bersentuhan dengan siku tangan kiri dan sebaliknya. Kamu bisa menyesuaikan sendiri kecepatan yang ada. Cobalah untuk melakukannya selama 1–2 menit untuk satu sesi dan beristirahat selama 30–60 detik setelah sesi berakhir. Ulangi hal ini hingga 5 sesi. Manfaat dari gerakan ini dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

2. Plank

plank

Plank juga termasuk olahraga ringan di rumah yang dapat menyehatkan tubuh. Letakkan lengan bagian bawah di tangan (gunakan alas) dengan siku tepat di bawah bahu. Pertahankan pinggul setinggi kepala. Tahan tubuh selama 20–30 detik, semakin lama akan semakin baik, lalu istirahat selama 30–60 detik dan ulangi hingga 5 kali. Gerakan ini dapat memperkuat perut, lengan, dan kaki.

Lalu, jika kamu memiliki pertanyaan terkait beberapa jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan di rumah, dokter dari Halodoc siap memberikan saran yang tepat. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Kapankah Waktu Terbaik untuk Berolahraga di Masa Pandemi?

3. Squat

squat

Kamu juga dapat melakukan squat untuk olahraga di rumah. Cara melakukannya, awali penempatan kaki pada jarak pinggul dengan jari-jari kaki sedikit mengarah ke luar. Tekuk lutut senyaman mungkin tetapi jaga tumit tetap di lantai dan lutut di atas kaki. Tekuk dan luruskan kaki selama 10–15 kali, lalu istirahat selama 30–60 detik, serta ulangi sebanyak 5 kali. Tujuan dari olahraga ini dapat menguatkan kaki dan bokong.

4. Meditasi

meditasi

Untuk pemulihan, kamu dapat melakukan meditasi agar lebih rileks dan pikiran menjadi jernih. Cukup duduk dengan nyaman di lantai dan silangkan kaki, lalu pastikan punggung tegak lurus. Tutup mata dan rilekskan tubuh dan secara bertahap perdalam pernapasan. Pastikan untuk berkonsentrasi pada napas dan hilangkan pikiran terhadap hal lain. Lakukan hal ini selama 5–10 menit atau bahkan lebih.

Baca juga: Ini 3 Olahraga yang Tren di 2021

Itulah empat olahraga ringan di rumah yang dapat dilakukan untuk menyehatkan tubuh dan menghilangkan perasaan stres selama pandemi. Untuk melakukan semua gerakan olahraga yang disebutkan, kamu membutuhkan alas agar lebih nyaman dan terhindar dari lecet. Pastikan untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut secara rutin setiap hari.

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. Stay Physically Active during Self-quarantine.
Help Guide. Diakses pada 2021. Home Workout and Fitness Tips: Exercising without the Gym.