• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

4 Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kadar Kolesterol


 “Pada dasarnya, semua jenis olahraga bisa memberikan dampak baik pada tubuh secara keseluruhan, termasuk menjaga kadar kolesterol. Namun, ada beberapa olahraga tertentu yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Berenang, bersepeda, joging, dan yoga adalah olahraga yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.”


Halodoc, Jakarta –  Olahraga dapat memberikan manfaat pada kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat meningkatkan daya tahan, olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memaksimalkan kerja jantung, hingga membantu kamu mendapatkan kebugaran sepanjang hari. 

Buat pengidap kolesterol, kamu direkomendasikan untuk menjalani olahraga secara rutin. Sebab, olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan. Sebenarnya semua olahraga pada dasarnya dapat memberikan dampak baik untuk kolesterol, tetapi ada beberapa olahraga tertentu yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Simak di sini!

1. Berenang

Berenang menjadi pilihan olahraga yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Walaupun kamu seperti tidak berkeringat ketika melakukannya, ternyata kalori tubuh yang terbakar terbilang sangat signifikan, sehingga baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

Selain membantu menurunkan berat badan, berenang juga membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Itulah sebabnya, olahraga renang direkomendasikan untuk dilakukan oleh pengidap kolesterol.

Baca juga: Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

2. Bersepeda

Selain berenang, bersepeda juga menjadi salah satu jenis olahraga yang kini sedang banyak diminati. Tidak heran, karena memang olahraga ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, terlebih jika kamu tahu manfaatnya untuk menurunkan kadar kolesterol. Bersepeda rutin bisa meningkatkan peredaran darah kamu, mengatasi nyeri sendi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Joging

Pagi hari memang identik dengan udara yang masih segar dan bebas polusi. Mengapa tidak kamu manfaatkan untuk olahraga lari? Selain bisa berinteraksi dengan alam lebih dekat dan menghirup udara segar lebih banyak, joging juga membantu mengoptimalkan kerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

4. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang populer di kalangan remaja, anak, hingga dewasa. Olahraga satu ini bersifat meditasi, sehingga mampu menurunkan kadar stres yang disinyalir menjadi penyebab dari banyak masalah kesehatan, termasuk kolesterol yang buruk terhadap tekanan darah dan jantung.

Olahraga ini bisa kamu lakukan di mana saja asalkan situasi dan kondisinya mendukung. Untuk itu, yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Pola hidup yang tidak sehat termasuk pola makan dapat menjadi penyebab peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Selain jarang olahraga, kebiasaan seperti sering begadang, merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat memicu peningkatan kolesterol. Apalagi sekarang masih banyak yang menjalani work from home (WFH), sehingga pekerja kantoran semakin jarang bergerak karena bekerja di rumah saja. 

Tanpa adanya gerak fisik, kebiasaan hidup yang buruk dan memicu tingginya kadar kolesterol bisa mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan, contohnya tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Inilah mengapa, kamu perlu melakukan pengecekan kadar kolesterol tubuh secara rutin, minimal satu tahun sekali supaya kamu bisa mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh kamu masih berada pada angka normal atau justru sudah terlalu tinggi. 

Buat kamu yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa buat janji pemeriksaan dokter tanpa harus antre ke rumah sakit.

Belum punya aplikasinya? Yuk, segera download aplikasi Halodoc, dan dapatkan kemudahan informasi kesehatan, membeli obat, dan konsultasi dokter melalui layanan daring dan offline!


Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2021. Lowering Your High Cholesterol: 6 Exercises that will Pay Off.
WebMD. Diakses pada 2021. Exercise to Lower Cholesterol.