• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kandungan Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

5 Kandungan Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Berbagai gangguan kesehatan dapat dialami akibat paparan bakteri maupun virus pada tubuh. Kondisi ini akan semakin menurun ketika imun tubuh tidak dalam kondisi yang baik. Imun tubuh sendiri memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, tidak ada salahnya lakukan kebiasaan baik yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan imun tubuh secara optimal.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh


Menjalankan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Mulai dari mengelola tingkat stres dengan baik, rutin berolahraga, memenuhi kebutuhan istirahat, hingga mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi seimbang. 

Kenali Nutrisi yang Dapat Tingkatkan Imun Tubuh

Sebaiknya waspada jika kamu sering mengalami gangguan kesehatan ringan, seperti cepat lelah, badan lemas, meriang, badan pegal, flu atau batuk, dan lainnya. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa imun tubuh tidak dalam kondisi yang optimal. Padahal, imun tubuh sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk mengeliminasi patogen yang masuk ke dalam tubuh sehingga membantu terhindar dari berbagai penyakit. 

Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu tingkatkan imun tubuh. Yuk, ketahui nutrisi dalam kandungan makanan yang bisa kamu gunakan untuk membantu meningkatkan imun tubuh:

1. Protein

Protein menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh. Protein dapat digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta membantu tubuh melawan virus maupun bakteri penyebab penyakit. Terpenuhinya kebutuhan protein dalam tubuh juga dapat mengoptimalkan fungsi imun tubuh dalam memproduksi antibodi dan sistem kekebalan.

Kekurangan protein dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan dan juga menurunkan imun tubuh. Untuk itu, temukan kandungan protein dalam beberapa jenis makanan, seperti daging sapi, daging ayam, hingga kacang-kacangan.

2. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dikenal sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang bisa kamu temukan pada jenis makanan, seperti ikan salmon, ikan teri, biji chia, hingga kacang kenari ternyata mampu membantu kamu dalam meningkatkan imun tubuh.

3. Prebiotik

Prebiotik menjadi salah satu kandungan nutrisi yang dapat membantu tingkatkan imun tubuh dengan menghambat pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya. Selain itu, probiotik dinilai mampu meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh. Tidak hanya dari yogurt, kamu bisa mendapatkan asupan prebiotik dari beberapa makanan lain, seperti tempe, kimchi, keju mozzarella, hingga keju cottage.

4. Mineral

Ada berbagai mineral yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan imun tubuh, seperti asam folat, zat besi, selenium, hingga seng. Kandungan selenium mampu memperlambat respon tubuh terhadap suatu penyakit, seperti kanker. Kandungan mineral jenis ini dapat kamu temukan pada bawang putih, brokoli, ikan tuna, serta barley.

Tidak hanya selenium, kandungan seng atau zinc juga mampu membantu kamu untuk tingkatkan imun tubuh. Kandungan ini dapat mengendalikan peradangan yang terjadi pada tubuh. Kamu bisa memenuhi kebutuhan seng dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, yoghurt, atau makanan laut, seperti kepiting.

5. Vitamin 

Berbagai jenis vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imun tubuh, seperti vitamin E, A, D, B kompleks, dan vitamin C. Melansir Cleveland Clinic, vitamin C menjadi sumber nutrisi yang dapat membantu kamu untuk tingkatkan imun tubuh yang palling optimal. Kekurangan vitamin C dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kamu rentan alami berbagai gangguan kesehatan. 

Untuk itu, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya dengan mengonsumsi berbagai makanan, seperti jeruk, stroberi, bayam, kangkung, hingga paprika. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus


Kenali Lebih Banyak Manfaat Vitamin C

Tahukah kamu bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh? Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu pertahanan alami dalam tubuh. Antioksidan merupakan kandungan yang sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Vitamin C berperan mendukung berbagai fungsi seluler pada sistem imun alami dan adaptif dalam mengeliminasi patogen dalam tubuh dan menghambat terjadinya kerusakan jaringan.

Bahkan, memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh dapat membantu kamu untuk menjaga tekanan darah dan juga menghindari gangguan pada jantung. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu kamu terhindar dari infeksi dan mempercepat penyembuhan bila sudah terkena infeksi.

Namun, meskipun vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh, tetapi vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi buah maupun sayuran, seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, brokoli, maupun bayam. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan manfaat baik vitamin C dalam Halowell

Baca juga: 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba


Halowell merupakan suplemen vitamin C 500 miligram yang efektif memenuhi kebutuhan harian vitamin C dalam tubuh. Dengan begitu, kamu dapat memiliki imun tubuh yang baik dan kesehatan terjaga sepanjang hari. Bagi kamu yang memiliki aktivitas cukup padat tetapi ingin memiliki kesehatan yang optimal, kamu bisa memiliki Halowell dengan kemasan praktis yang bisa dibawa ke mana saja dan cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan selama sebulan.

Kamu bisa dapatkan suplemen Halowell dengan download aplikasi Halodoc dan beli suplemen melalui aplikasi sekarang juga. Yuk, tunggu apalagi, segera penuhi kebutuhan vitamin C dengan baik, ya.

Referensi:
Nutrients. Diakses pada 2020. Vitamin C and Immune Function.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body.
Very Well Health. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Vitamin C.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 8 Vitamins and Minerals You Need for a Healthy Immune System.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 3 Vitamins That Are The Best for Boosting Your Immunity.
Insider. Diakses pada 2020. 4 Vitamins That Boost Your Immune System and How to Get Enough in Your Diet.
Web MD. Diakses pada 2020. Are High Protein Foods Goods for The Immune System?
International Journal of Molecular Sciences. Diakses pada 2020. Effects of Omega-3 Fatty Acids on Immune System.
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Health Benefits of Probiotics.