• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu untuk Lansia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu untuk Lansia

4 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu untuk Lansia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Januari 2023

“Ada sejumlah kandungan nutrisi yang penting dan harus ada di dalam susu lansia. Mulai dari kalsium, vitamin D, protein, hingga mineral lain seperti magnesium.”

4 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu untuk Lansia4 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu untuk Lansia

Halodoc, Jakarta – Setiap manusia perlu memenuhi segala asupan penting untuk memaksimalkan fungsi tubuhnya. Apalagi ketika seseorang sudah memasuki usia senja alias sudah lansia. Sebab, ada beragam penyakit yang rentan menyasar mereka yang sudah berusia lanjut. Salah satunya seperti osteoporosis yang menyerang tulang. 

Berdasarkan hal ini, penting bagi lansia untuk memenuhi nutrisi penting tak hanya melalui makanan. Tetapi juga memenuhi asupan nutrisi melalui konsumsi susu khusus lansia. Meski begitu, memilih susu untuk lansia juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, ada sejumlah kandungan nutrisi yang harus ada di dalam susu untuk lansia. 

Kandungan Nutrisi yang Harus Ada dalam Susu Lansia

1. Kalsium 

Asupan nutrisi penting yang harus ada di dalam susu lansia pertama adalah kalsium dan vitamin D. Nah, mineral kalsium diperlukan lansia untuk menjaga tingkat kepadatan dan kekuatan tulang. Sebab, lansia rentan untuk terkena osteoporosis sebagai salah satu penyakit serius. Selain dari susu, lansia juga dapat memenuhi asupan kalsium dari berbagai makanan. Misalnya seperti kacang almond, sayuran seperti brokoli, pokcoy, hingga sayuran hijau lainnya seperti kale. 

2. Vitamin D 

Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan dan perlu senantiasa dipenuhi asupannya oleh lansia. Alasannya, kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang serta dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tubuh. 

3. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Sebab, protein diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, meregenerasi dan memelihara sel baru pada tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot tubuh, mencegah sarcopenia, dan membantu menjaga keseimbangan energi,  dan fungsi kardiovaskular. Nah, beberapa penelitian telah mengidentifikasi protein sebagai salah satu nutrisi utama untuk lansia. Karena itu, penting bagi lansia untuk senantiasa memenuhi asupan protein pada tubuhnya.  

Protein bisa didapatkan dari susu, daging merah, daging ayam bagian dada, susu dan produk olahannya, telur, kacang almond, oats, dan banyak lagi. 

4. Magnesium

Masih berkaitan dengan protein, nutrisi yang juga diperlukan oleh lansia adalah magnesium. Sebab, magnesium juga berperan untuk membantu proses sintesis protein untuk dicerna tubuh. Selain itu, magnesium secara keseluruhan juga bermanfaat bagi kesehatan otot. Mulai dari meningkatkan kinerja hingga menjaga massa otot. Di sisi lain, magnesium juga berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Lantaran magnesium dapat membantu tubuh dalam mengaktifkan vitamin D. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh secara lebih optimal. 

Itulah beberapa nutrisi yang penting bagi lansia. Karena itu, penting bagi lansia untuk memilih susu yang mengandung sejumlah nutrisi tersebut dengan kadar yang tepat. 

Hal Lain yang juga Penting Dilakukan

Selain memenuhi segala asupan nutrisi penting, lansia juga perlu melakukan beberapa hal ini: 

  • Setidaknya minum enam hingga delapan gelas air putih setiap harinya.
  • Membatasi makanan tinggi lemak jenuh, seperti biskuit, kue kering, daging olahan, burger komersial, pizza, hingga gorengan. 
  • Aktif secara fisik dengan melakukan aktivitas fisik intensitas ringan seperti berjalan minimal 30 menit setiap harinya. 
  • Membatasi asupan garam karena garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. 

Itulah beberapa nutrisi yang perlu ada di dalam susu lansia. Selain memenuhi asupan nutrisi penting dan menerapkan pola hidup sehat, lansia juga perlu memeriksakan kondisi secara berkala. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa membuat janji temu dokter di rumah sakit untuk memudahkan kerabat yang sudah berusia lanjut untuk periksa. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Nutrition needs when you’re over 65. 
Medline Plus. Diakses pada 2023. Nutrition for Older Adults. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What roles do calcium and vitamin D play in the body?
WebMD. Diakses pada 2023. Benefits of Protein. 
Assisting Hands. Diakses pada 2023. Benefits of Magnesium for Seniors. 
NIH. Diakses pada 2023. Protein Consumption and the Elderly: What Is the Optimal Level of Intake?