• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESFJ

4 Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESFJ

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESFJ

“Sebagai ekstrovert, ESFJ suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka tidak hanya mendapatkan energi dari interaksi sosial, tetapi mereka juga benar-benar tertarik pada kesejahteraan orang lain.”

Halodoc, Jakarta – ESFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Adapun ESFJ adalah singkatan dari extrovert, sensing, feeling, dan judging

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ cenderung ramah, setia, teratur, dan berhati lembut. ESFJ mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang lain. ESFJ biasanya digambarkan sebagai orang yang ramah dan suka berteman. Seperti apa karakter dan tipe kepribadian ESFJ?

1. Mengendalikan Lingkungan

ESFJ yang dibesarkan dengan nilai dan standar tinggi cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang murah hati. Sebaliknya, mereka yang dibesarkan di lingkungan yang kurang aktif kemungkinan memiliki etika yang menyimpang sebagai orang dewasa dan lebih cenderung manipulatif dan egois.

2. Pengamat Sekitar

Secara alami ESFJ diarahkan untuk memahami orang lain. Mereka adalah pengamat yang cermat terhadap orang lain dan mahir dalam mendukung dan mengeluarkan yang terbaik dari orang lain. Karena mereka sangat pandai membantu orang lain merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, orang-orang merasa tertarik untuk berinteraksi dengan ESFJ.

3. Suka Menghabiskan Waktu dengan Orang Lain

Sebagai ekstrovert, ESFJ suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka tidak hanya mendapatkan energi dari interaksi sosial, tetapi mereka juga benar-benar tertarik pada kesejahteraan orang lain. Mereka sering digambarkan sebagai orang yang berhati hangat dan berempati, dan mereka sering menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.

4. Loyal dan Serius

ESFJ sangat setia, suportif, dan setia. Mereka tidak tertarik pada hubungan biasa dan fokus pada pengembangan komitmen jangka panjang. Sebagai pasangan ESFJ sangat mendukung pasangannya dengan menunjukkan langsung betapa dia mencintai dan menghargai pasangannya. 

ESFJ juga sangat responsif dengan menunjukkan kasih sayang dan buatnya sangat untuk membalas ekspresi kasih sayang. Dalam hal hubungan romantis, ESFJ cenderung mencari hubungan dengan orang jujur yang terbuka dengan emosinya. Selain itu, mereka menghargai kedekatan, keintiman, dan komitmen jangka panjang.

Itulah karakter dan tipe kepribadian ESFJ. Tentunya ini hanyalah gambaran kasar yang tidak bisa dijadikan patokan pasti. Kalau kamu butuh konsultasi dengan psikolog langsung mengenai masalah kesehatan mental atau mau mengikuti tes kepribadian, segera buat janji lewat aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. ESFJ: The Caregiver (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging).
16personalities.com. Diakses pada 2021. ESFJ.