4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Jaga Kesehatan Liver

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Jaga Kesehatan Liver

Halodoc, Jakarta - Hati atau liver adalah salah satu organ yang penting untuk kelangsungan hidup setiap orang. Hal tersebut karena fungsinya yang terbilang vital untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh. Maka dari itu, menjaga kesehatan liver sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut karena banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerusakan pada liver. Sehingga, keseimbangan dari metabolisme dapat terganggu. Dengan melakukan perubahan pada pola hidup kamu dapat menjaga kesehatan dari liver. Berikut adalah beberapa cara merubah kebiasaan agar dapat menjaga liver!

Baca juga: Inilah Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Liver

Kebiasaan yang Dapat Menjaga Kesehatan Liver

Seseorang yang mengalami gangguan pada hati atau liver akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Beberapa kebiasaan yang kamu lakukan setiap harinya dapat menyebabkan gangguan pada liver. Maka dari itu, perubahan terhadap kebiasaan sehari-hari harus terjadi agar kesehatan liver terjaga.

Kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengonsumsi gula, meminum alkohol dalam takaran yang tidak sedikit, dan mengalami obesitas dapat membuat hati kamu lebih berat untuk bekerja dan menyebabkan gangguan. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan liver:

  1. Mengonsumsi Kopi

Salah satu kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan mengonsumsi kopi secara rutin. Dari beberapa sumber disebutkan meminum kopi dapat memperlambat hingga mencegah terjadinya kanker hati. Hal tersebut karena kandungan kopi dapat mencegah jaringan parut terbentuk di organ tersebut.

Seseorang yang mengidap hepatitis C, yang merupakan infeksi hati yang umum terjadi, dapat dicegah dengan mengonsumsi satu hingga empat cangkir kopi per hari. Disebutkan juga kopi panas yang diseduh merupakan hal yang paling efektif untuk mengurangi peluang seseorang mengidap gangguan hati yang parah.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kebiasaan untuk menjaga kesehatan liver, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Liver Supaya Terhindar Hepatomegali

  1. Hindari Beberapa Makanan yang Merugikan Tubuh

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung rendah lemak, kandungan gula yang tinggi, dan mengandung sirup jagung fruktosa yang tinggi. Dengan menguranginya saja, kamu sudah menurunkan risiko mengalami gangguan pada hati.

Jika kamu melakukan diet rendah lemak, umumnya penggantian kandungan tersebut dengan konsumsi gula atau fruktosa tersebut. Lemak tersebut akan disimpan di sel hati yang merupakan ciri-ciri penyakit hati berlemak non-alkohol. Maka dari itu, kamu harus menghindarinya agar tubuh dapat mengendalikan kadar insulin.

  1. Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan yang Kaya Antioksidan

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan sebagai kebiasaan agar menjaga kesehatan liver adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Hal tersebut karena kandungan tersebut dapat memperkuat pertahanan tubuh agar liver tidak mudah mengalami gangguan.

Antioksidan yang berasal dari makanan dapat efektif untuk menggantikan zat yang alami diproduksi dari tubuh agar dapat menghilangkan racun yang diserap oleh hati. Kandungan tersebut juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang dapat memicu penyakit hati.

Baca juga: Konsumsi 8 Makanan Ini Demi Kesehatan Hati

  1. Membatasi Konsumsi Alkohol

Dengan membatasi konsumsi alkohol per harinya, kamu dapat menjaga kesehatan liver pada tubuh. Seseorang disarankan untuk mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, yaitu satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria. Walau begitu, kandungan alkohol tetap merugikan tubuh.

Wanita dan seseorang yang mempunyai keluarga dengan riwayat masalah berhubungan dengan alkohol akan memiliki risiko lebih tinggi pada gangguan hati. Maka dari itu, sangat penting untuk berdiskusi dengan dokter kamu perihal konsumsi alkohol agar tubuh tetap sehat.

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2019. 9 Easy Habits That Can Reduce Your Risk of Liver Disease