• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Rasa tidak nyaman pada tenggorokan adalah hal yang umum terjadi pada semua orang. Hal tersebut dapat menjadi pertanda terkena sakit tenggorokan. Gangguan ini kerap dihubungkan dengan penyakit batuk dan flu. Seseorang dapat mengalami gangguan ini yang disebabkan oleh virus atau bakteri

Meski begitu, masih banyak penyebab lainnya yang dapat menimbulkan sakit tenggorokan. Maka dari itu, kamu harus tahu kebiasaan apa saja yang dapat menimbulkan sakit tenggorokan agar dapat menghindarinya. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan radang pada tenggorokan!

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, hingga iritasi pada tenggorokan yang dapat menimbulkan rasa sakit saat menelan. Penyebab paling umum dari gangguan radang tenggorokan (faringitis) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti pilek atau flu. Seseorang yang mengidap radang tenggorokan akibat virus dapat sembuh dengan sendirinya.

Selain itu, sakit tenggorokan juga dapat disebabkan oleh bakteri yang disebut juga dengan infeksi streptokokus. Seseorang yang mengidap gangguan ini membutuhkan pengobatan dengan antibiotik agar dapat mencegah komplikasi untuk terjadi. Selain itu, penyakit ini dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kerap kamu lakukan sehari-hari. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa kebiasaan buruk penyebab sakit tenggorokan, yaitu:

1. Makanan Pedas

Penyebab sakit tenggorokan yang pertama adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Seseorang yang makan sesuatu yang pedas berlebihan memiliki risiko paling besar terhadap radang tenggorokan. Hal tersebut karena makanan tersebut dapat memicu infeksi sehingga rasa tidak nyaman tersebut dapat timbul. Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap membatasi konsumsi makanan yang identik dengan cabai ini.

Baca juga: Sakit Tenggorokan, Ini Cara Cepat Mengobatinya

2. Makanan Berminyak

Seseorang juga dapat mengalami sakit tenggorokan disebabkan oleh konsumsi makanan yang berminyak. Biasanya, makanan berminyak identik dengan pengolahan yang digoreng, seperti gorengan. Maka dari itu, banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan agar membatasi konsumsi makanan jenis ini. Selain gangguan pada tenggorokan, gorengan juga dapat menjadi pemicu kolesterol meningkat sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait segala kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan sakit tenggorokan, dokter dari Halodoc dapat memberi jawaban secara tepat. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terhadap akses kesehatan hanya dalam genggaman!

3. Makanan Asam

Kamu juga dapat mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh konsumsi makanan asam. Kandungan asam tersebut dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga menimbulkan peradangan. Selain itu, makanan asam juga dapat menyebabkan GERD yang memungkinkan asam lambung untuk naik ke tenggorokan sehingga memicu radang. Maka dari itu, kamu harus benar-benar membatasi konsumsi makanan asam, terlebih jika memiliki riwayat penyakit asam lambung.

4. Merokok

Kebiasaan merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan iritasi sehingga menimbulkan sakit tenggorokan. Bahkan, terlalu sering menghisap rokok dapat meningkatkan risiko untuk mengalami tumor atau lesi pada tenggorokan. Gangguan ini jika dibiarkan dapat menimbulkan bahaya, bahkan dapat menjadi awal dari kanker. Maka dari itu, alangkah lebih baik berhenti merokok demi kebaikan diri sendiri dan orang di sekitar.

Baca juga: Sembuhkan Radang Tenggorokan Akut dengan Cara Ini

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit tenggorokan. Dengan mengetahui semua penyebabnya, kamu dapat menghindari gangguan pada tenggorokan tersebut di masa depan. Memang hal yang paling penting adalah jangan berlebihan dalam melakukan sesuatu, terlebih lagi kebiasaan yang buruk.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore throat.
Healthline. Diakses pada 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.