• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Hepatitis A

4 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Hepatitis A

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Hepatitis A

“Hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus yang sangat menular. Penyebaran virus paling sering terjadi melalui makanan atau minuman dan juga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari tanpa sadar bisa meningkatkan risiko kamu mengalami hepatitis A. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, kamu bisa mencegah hepatitis A.”

Halodoc, Jakarta – Hepatitis A adalah infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Virus ini menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan hati kamu berfungsi.

Hepatitis A paling sering menular melalui makanan atau air yang terkontaminasi atau melalui kontak dekat dengan orang atau benda yang terinfeksi. Meskipun pada kebanyakan kasus, hepatitis A bisa sembuh total tanpa kerusakan hati permanen, bukan berarti kamu boleh menyepelekan penyakit ini. Selain dengan mendapatkan vaksinasi, kamu bisa mencegah hepatitis A dengan menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko kamu terkena penyakit tersebut. Berikut ulasannya.

Baca juga: Sering Tidak Disadari, Ini Gejala Hepatitis A yang Perlu Kamu Ketahui

Ketahui Cara Penyebarannya

Hepatitis A disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel hati dan menyebabkan peradangan. Ketika mengalami peradangan, fungsi organ hati bisa terganggu sehingga kamu bisa mengalami sejumlah tanda dan gejala .

Virus paling sering menyebar ketika kamu makan atau minum sesuatu yang sudah terkontaminasi kotoran orang yang terinfeksi, bahkan dalam jumlah kecil. Namun, virus tidak menyebar melalui bersin atau batuk.

Berikut ini beberapa cara spesifik virus hepatitis A bisa menyebar:

  • Makan-makanan yang ditangani oleh orang yang terinfeksi virus yang tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet.
  • Minum air yang terkontaminasi.
  • Makan kerang mentah dari air yang tercemar limbah.
  • Kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, bahkan bila orang itu tidak memiliki tanda atau gejala.
  • Berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki virus.

Baca juga: Ratusan Orang Tertular Hepatitis A, Ketahui 6 Fakta Ini

Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Hepatitis A

Berikut ini kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko kamu terkena hepatitis A:

  1. Makan atau Jajan Sembarangan

Bila selama ini kamu sering makan atau jajan sembarangan, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Ingat, virus hepatitis A bisa menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja orang yang terinfeksi. Membeli dan mengonsumsi makanan di tempat yang tidak terjamin kebersihannya bisa meningkatkan risiko kamu untuk tertular penyakit hati tersebut. Jadi, alih-alih makan atau jajan di tempat sembarangan, bawalah bekal makanan buatan sendiri dari rumah yang sudah lebih terjamin kebersihannya.

Saat mempersiapkan makanan, kamu juga dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan membersihkan bahan-bahan makanan dengan seksama. Itu semua demi mencegah hepatitis A.

  1. Malas Mencuci Tangan

Virus hepatitis A juga bisa menular melalui benda-benda yang terkontaminasi feses orang yang terinfeksi. Jadi, bila kamu malas mencuci tangan, apalagi setelah menggantikan popok anak, kamu berisiko tinggi terkena penyakit hati ini. Mencuci tangan penting untuk dilakukan, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

  1. Seks Bebas

Melakukan seks dengan orang yang berbeda-beda tanpa alat pengaman bisa meningkatkan risiko kamu tertular hepatitis A. Pasalnya, seseorang bisa terinfeksi HAV tanpa mengalami gejala. Bila kamu secara kebetulan melakukan hubungan seks dengan orang yang terinfeksi tanpa mengenakan kondom, kamu bisa tertular penyakit hati tersebut. 

Berhubungan seks dengan sesama pria juga bisa meningkatkan risiko hepatitis A, karena seks oral atau anal bisa menjadi cara HAV menyebar.

  1. Menggunakan Narkoba Suntik

Menggunakan narkoba jenis suntik dengan orang lain bisa menyebabkan kamu mengalami hepatitis A, karena virus bisa menular melalui darah.

Baca juga: Ketahui Bahaya Hepatitis A dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kamu tertular hepatitis A. Bila kamu mengalami gejala-gejala, seperti kelelahan, merasa mual dan muntah tiba-tiba, sakit perut, demam ringan, dan kehilangan selera makan, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Sebab, gejala-gejala tersebut bisa mengindikasikan hepatitis A.

Sekarang, berobat ke dokter sudah lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hepatitis A.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Hepatitis A Information.