• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Komplikasi Lupus yang Dapat Dialami oleh Wanita

4 Komplikasi Lupus yang Dapat Dialami oleh Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Komplikasi Lupus yang Dapat Dialami oleh Wanita

“Ketika mengidap penyakit lupus, ada beberapa komplikasi yang bisa dialami wanita. Komplikasi lupus bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang dimiliki pengidap atau obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengobati lupus. Selain itu, lupus yang bisa menyebabkan wanita merasa nyeri dan kelelahan, membuat mereka menjadi kurang aktif yang akhirnya meningkatkan risiko mereka mengalami komplikasi.”

Halodoc, Jakarta – Lupus adalah penyakit autoimun kronis di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ sendiri. Penyakit ini bisa menyebabkan peradangan yang bisa memengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda, mulai dari persendian, kulit ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Itulah mengapa orang yang mengidap lupus berisiko untuk mengalami berbagai komplikasi yang berbahaya. Dibanding pria, lupus lebih sering terjadi pada wanita. Lantas, apa saja komplikasi lupus yang bisa dialami wanita? Berikut ulasannya.  

Baca juga: 10 Gejala Lupus pada Wanita yang Perlu Diketahui

Wanita Lebih Berisiko Terkena Lupus

Lupus diduga disebabkan oleh kombinasi genetika dan lingkungan. Orang yang memiliki risiko bawaan untuk terkena lupus sepertinya bisa mengembangkan penyakit ini, ketika mereka bersentuhan dengan sesuatu di lingkungan yang bisa memicu lupus.

Pada kebanyakan kasus, penyebab lupus tidak diketahui. Namun, ada beberapa hal yang diduga bisa memicu penyakit autoimun tersebut:

  • Sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan lesi kulit lupus atau memicu respons internal pada orang yang rentan.
  • Infeksi. Memiliki infeksi bisa memicu lupus atau menyebabkan penyakit tersebut kambuh pada beberapa orang.
  • Obat-obatan. Lupus bisa dipicu oleh beberapa jenis obat tekanan darah, obat anti kejang, dan antibiotik.

Selain pemicu tersebut, ada juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena lupus. Salah satunya adalah jenis kelamin, di mana penyakit autoimun tersebut diketahui lebih sering terjadi pada wanita yang berusia 15 hingga 44 tahun. Risiko wanita untuk mengalami lupus juga semakin besar bila ia berasal dari Afrika-Amerika, Hispanik, atau Asia Amerika.

Baca juga: 3 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Apa Komplikasi Lupus pada Wanita?

Wanita yang mengidap lupus berisiko mengalami komplikasi berikut ini:

  1. Penyakit Jantung

Lupus bisa meningkatkan risiko jenis penyakit jantung yang paling umum yang disebut penyakit jantung koroner (PJK). Komplikasi lupus satu ini sebagian disebabkan karena pengidap lupus memiliki lebih banyak faktor risiko PJK, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2. Selain itu, lupus juga menyebabkan peradangan yang bisa meningkatkan risiko PJK.

Wanita dengan lupus mungkin juga menjadi kurang aktif karena kelelahan, masalah sendi, dan nyeri otot. Akibatnya, risiko mereka mengalami penyakit jantung pun bisa meningkat. Menurut sebuah penelitian, wanita dengan lupus 50 kali lebih mungkin mengalami nyeri dada atau serangan jantung, dibandingkan wanita lain pada usia yang sama. 

  1. Osteoporosis

Obat-obatan untuk mengobati lupus bisa menyebabkan keropos tulang. Hal itu akhirnya bisa menyebabkan osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Selain itu, rasa sakit dan kelelahan bisa membuat wanita pengidap lupus tidak melakukan aktivitas fisik. Padahal, gaya hidup aktif penting untuk mencegah keropos tulang. 

  1. Penyakit Ginjal

Lebih dari separuh pengidap lupus memiliki masalah ginjal, yang disebut lupus nephritis. Masalah ginjal biasanya dimulai dalam lima tahun pertama setelah gejala lupus mulai muncul. Ini adalah salah satu komplikasi lupus yang lebih serius. Namun, radang ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sehingga seringkali tidak disadari. Itulah mengapa penting bagi pengidap lupus untuk melakukan tes urine dan darah secara teratur untuk mendeteksi penyakit ginjal. Pengobatan untuk lupus nephritis bekerja paling baik bila dideteksi lebih awal.

  1. Komplikasi Kehamilan

Wanita yang mengidap lupus memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran. Hal itu karena lupus meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan dan kelahiran prematur. Untuk mengurangi risiko komplikasi ini, dokter biasanya akan menyarankan untuk menunda kehamilan sampai penyakit tersebut terkendali setidaknya selama enam bulan.

Itulah komplikasi lupus yang bisa dialami wanita. Bagi para wanita, bila kamu mengalami kelelahan, demam, nyeri sendi, sesak napas, dan sakit dada, jangan dibiarkan saja. Segera periksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu adalah gejala lupus. Mengobati lupus sedini mungkin bisa mencegah terjadinya komplikasi.

Baca juga: Mengidap Lupus, Ini Pola Gaya Hidup yang dapat Dilakukan

Nah, kamu bisa berobat ke dokter dengan mudah dengan menggunakan saja aplikasi Halodoc. Tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi dan kamu bisa menemui dokter sesuai jadwal. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referesi:
Centers for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2021. Lupus in Women.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Lupus.