• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah Memperkenalkan Bayi dengan Anjing Peliharaan

4 Langkah Memperkenalkan Bayi dengan Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Langkah Memperkenalkan Bayi dengan Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang telah menganggap anjing peliharaannya sebagai keluarga karena hewan tersebut sudah dipelihara sejak lama. Namun, saat kamu memiliki bayi, maka tidak mudah untuk membuat keduanya akur. Maka dari itu, sebagai calon orangtua, kamu harus tahu beberapa cara agar bayi dan anjing peliharaanmu tetap akur. Berikut ulasan lengkapnya!

Cara Memperkenalkan Bayi dengan Anjing Peliharaan

Saat kamu baru melahirkan bayi, hewan peliharaanmu akan merasakan adanya perubahan terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya, seperti pemandangan, suara, hingga bau. Beberapa peliharaan akan merasa jengkel, terutama saat lebih jarang berinteraksi intim dengan pemiliknya. Hal ini disebabkan karena berkurangnya waktu dan perhatian yang selama ini hanya tertuju padanya.

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Sebelum bayi tersebut lahir, penting untuk mengajari anjing peliharaan guna meningkatkan keterampilannya yang diperlukan saat berinteraksi dengan anggota keluarga barunya. Dengan membantu anjing untuk menyesuaikan diri, maka banyak pengalaman dan perubahan tingkah laku hewan tersebut di kemudian hari. Berikut ini beberapa langkah yang dapat ibu lakukan untuk memperkenalkan bayi dengan anjing peliharaan:

1. Mengubah Rutinitas

Cobalah untuk melakukan perubahan bertahap pada rutinitasnya, seperti perubahan pada tempat tidurnya atau saat berjalan-jalan, sebelum bayi pulang. Dengan begitu, hewan peliharaan kamu tidak akan mengaitkannya dengan perubahan tersebut dengan kelahiran bayi. Lakukanlah rutinitas tersebut sebelum bayi lahir, termasuk menyusui, mengayun, hingga berjalan dengan stroller kosong.

2. Ajarkan Keterampilan Baru

Setelah itu, kamu juga harus mengajarkan anjing peliharaan tentang keterampilan baru yang penting. Ibu dapat mengajarkannya keterampilan verbal yang dapat membantu untuk menyesuaikan kebutuhan agar hewan tersebut taat dengan perkataan. Keterampilan baru tersebut sangat penting untuk menghindari interaksi yang berlebihan dengan bayi yang akan membahayakan.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

3. Buat Batasan di Sekitar Kamar Anak

Ibu juga harus mulai menetapkan batas-batas yang tidak boleh dilakukan oleh anjing peliharaan di area sekitar kamar. Kondisikan anjing peliharaan untuk memahami jika ada batasan yang dilarang untuk dilewati tanpa izin. Jika anjing sudah mulai paham akan batasannya, ibu dapat membiarkannya menjelajahi dan mengendus di area tersebut dengan pengawasan.

4. Mengendus Bayi dengan Tali Pengikat

Setelah beberapa hari, ibu bisa membiarkan anjing mengendus bayi, tetapi pastikan tali pengikatnya tetap dipegang erat. Belai dan beri pujian saat mengendus agar lebih mudah untuk beradaptasi dan tetaplah waspada serta berhati-hati. Cobalah untuk mengajak anjing berinteraksi lebih dekat dengan bayi agar mampu mencegah terjadinya gigitan.

Setelah dirinya terbiasa dengan bau bayi, biarkan anjing mengendus bayi tanpa diikat tali. Anjing mungkin bereaksi berbeda saat bayi tiba-tiba teriak atau menangis dan menafsirkan tanda itu sebagai ajakan untuk bermain atau peringatan. Saat anjing berinteraksi dengan bayi, pastikan untuk menjaga posisi anak ibu dan harus ada orang dewasa setiap saat. Urutan duduknya secara berurut, yaitu anjing–orang dewasa–bayi.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperkenalkan bayi pada anjing peliharaan. Dengan melakukan cara-cara di atas, diharapkan anjing akan lebih mudah akrab dengan penghuni rumah baru. Dengan begitu, segala dampak buruk yang dapat terjadi mampu dihindari.

Baca juga: Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jika kamu mempunyai pertanyaan lainnya untuk membuat anjing peliharaan mudah akrab dengan bayi yang baru lahir, dokter hewan dari Halodoc dapat memberikan saran yang jitu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Helpful Hints When Introducing Babies and Dogs.
CesarsWay. Diakses pada 2020. Introduce Your Dog To Your Baby.