• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah Mengatasi Lecet di Selangkangan Akibat Gowes

4 Langkah Mengatasi Lecet di Selangkangan Akibat Gowes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Langkah Mengatasi Lecet di Selangkangan Akibat Gowes

Halodoc, Jakarta - Bersepeda memang terasa seru, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Namun, keseruan akan berubah menjadi rasa tidak nyaman saat selangkangan mengalami lecet. Apalagi jika kamu memutuskan untuk bersepeda di siang hari. Keringat dan udara lembap akan membuat selangkangan terasa perih dan muncul bekas kemerahan di kulit. Agar kegiatan bersepeda tidak terganggu, begini langkah mengatasi lecet di selangkangan:

Baca juga: Kembalinya Tren Sepeda Lipat, Ini 5 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh

1. Pilih Sadel Sepeda yang Nyaman

Memilih sadel sepeda yang nyaman menjadi salah satu cara mengatasi lecet di selangkangan saat bersepeda. Tidak perlu menggunakan dengan merk sadel yang mahal. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan fungsinya, terutama soal kenyamanan saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Begini tips memilihnya:

  • Sesuaikan dengan bentuk tubuh.
  • Pilih sadel yang dapat menopang pantat secara menyeluruh.
  • Pilih bahan pelapis yang tebal, tahan terhadap tekanan, anti air.
  • Pilih sadel dengan busa yang tebal dan tahan terhadap tekanan.

2. Berpakaian Sesuai dengan Fungsinya

Berpakaian sesuai dengan fungsinya menjadi langkah mengatasi lecet di selangkangan selanjutnya. Cara berpakaian yang satu ini dapat mengatur kelembapan dan kuman di area selangkangan. Pakaian khusus bersepeda akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih, serta membantu menghindari infeksi. Selain pakaian khusus, kamu juga perlu mengenakan pakaian yang bersih saat ingin bersepeda. Jangan memakai pakaian yang sudah dipakai.

Baca juga: Waspada, Terlalu Lama Bersepeda Sebabkan Gangguan Prostat

3. Sesuaikan Sadel dengan Berat Badan

Tekanan bobot tubuh menjadi salah satu penyebab lecet di selangkangan saat bersepeda. Hal tersebut dapat diatasi dengan memastikan sadel sepeda yang dipakai sesuai dengan berat badan. Pastikan sepertiga dari berat badan ada di sadel sepeda, sepertiga lainnya ada di tangan dan sisanya berada di kaki.

4. Mengubah Posisi Sesering Mungkin

Mengubah posisi sesering mungkin menjadi langkah mengatasi lecet di selangkangan yang terakhir. Kamu perlu berdiri saat bersepeda untuk beristirahat dari sadel. Jika kamu adalah orang yang rentan mengalami lecet, maka berdiri setiap dua menit sekali sangat disarankan.

Baca juga: Bersepeda Bisa Mengecilkan Paha, Ini Penjelasannya

Jika bersepeda sering dilakukan, area sekitar paha dan selangkangan akan mengalami kapalan. Kapalan ini sebenarnya baik, karena dapat membuat kamu merasa kebas pada rasa sakit, sehingga waktu bersepeda dapat lebih lama dilakukan tanpa luka dan rasa perih. Namun saat mengalaminya, satu-satunya cara yang efektif untuk mengatasi lecet di selangkangan adalah jangan bersepeda, beristirahat terlebih dulu sampai pulih.

Jika luka terdeteksi di awal kemunculannya, maka persentase kesembuhan akan meningkat. Namun jika luka terdeteksi sudah parah, kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Jika lukanya masih dalam intensitas yang ringan, kamu bisa membeli obat yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Gunakan fitur “beli obat” di dalamnya, ya.

Referensi:
Britishcycling.org.uk. Diakses pada 2021. AVOIDING SADDLE SORENESS.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Cycling Saddle Sores: 5 Simple Prevention Tips.
Health. Diakses pada 2021. Saddle Sores and Chafing Are a Pain for Anyone Who Cycles—Here’s How to Treat and Prevent These Skin Issues.