• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah Meredakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil

4 Langkah Meredakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Langkah Meredakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil

“Sakit kepala dapat dialami oleh siapa saja termasuk ibu hamil. Sakit kepala yang dialami bumil tentu menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menghambat aktivitas. Selain minum obat pereda nyeri, meredakan sakit kepala saat hamil juga bisa dengan perawatan sederhana.”

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala adalah keluhan yang umum dialami semua orang. Namun, jika kondisi ini dialami ibu hamil, maka kamu harus cukup waspada. Pasalnya, sakit kepala bisa menandai preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil. Kendati demikian, sakit kepala biasa umumnya tidak membahayakan bayi dan hanya membuat bumil tidak nyaman dalam beraktivitas. 

Ada berbagai faktor yang dapat memicu sakit kepala pada bumil. Mulai dari bau tertentu, makanan, aktivitas yang terlalu berat, atau hormon kehamilan itu sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu perlu mengidentifikasi penyebab sakit kepala supaya dapat menghindarinya. 

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

Cara Meredakan Sakit Kepala saat Hamil

Sakit kepala umumnya mudah dihilangkan dengan minum parasetamol. Namun, penggunaan obat-obatan biasanya dihindari seminimal mungkin saat hamil. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit kepala. 

1. Makan Secara Teratur

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, makan teratur dan tepat waktu juga dapat mencegah timbulnya sakit kepala. Ini sangat penting karena ibu hamil umumnya memerlukan energi lebih untuk menjalankan aktivitas. Selain makan secara teratur, pilihlah makanan yang sehat dan hindari goreng-gorengan atau makanan berlemak tinggi. 

2. Penuhi Cairan

Kebutuhan cairan juga semakin meningkat selama kehamilan. Kekurangan cairan berisiko menyebabkan dehidrasi yang kemudian menimbulkan sakit kepala. Pastikan bumil minum air putih minimal delapan gelas sehari (1,5 – 2 liter atau sesuai anjuran dokter)

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

3. Rileks

Sebaiknya bumil juga mengurangi aktivitas yang terlalu berat untuk mencegah kelelahan. Pasalnya, kelelahan dapat memicu timbulnya sakit kepala. Saat beraktivitas, pastikan menyempatkan diri untuk istirahat. Ibu juga bisa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil supaya lebih rileks. 

4. Tidur Berkualitas

Selama hamil, bumil juga tidak disarankan begadang. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala selama kehamilan. Oleh sebab itu, sempatkan tidur siang dan tidur malam tepat waktu untuk mencegah sakit kepala. 

Baca juga: Seberapa Sering Ibu Harus Konsultasi Kehamilan?

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meredakan sakit kepala saat hamil. Apabila sakit kepala tak kunjung hilang disertai penglihatan kabur, pembengkakan dan nyeri di bawah tulang rusuk, segera pergi ke rumah sakit. Pasalnya, gejala tersebut bisa menjadi pertanda preeklamsia. 

Kalau punya pertanyaan lain seputar kehamilan, hubungi dokter kandungan lewat aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. What can I do about headaches during pregnancy? I’d rather not take medication.
NHS. Diakses pada 2021. Headaches in pregnancy.