• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Kaya Kalsium yang Baik untuk Ibu Hamil

4 Makanan Kaya Kalsium yang Baik untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Kalsium untuk ibu hamil adalah asupan yang sangat penting. Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi asupan nutrisi yang satu ini, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Supaya penyerapannya maksimal, konsumsi makanan yang mengandung kalsium harus dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat, mengatur pola makan, serta mengonsumsi suplemen atau multivitamin. Kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam kehamilan, mulai dari pertumbuhan tulang dan gigi janin, membantu jantung, saraf, serta otot janin berkembang dengan baik. 

Baca juga: 7 Makanan untuk Pertumbuhan Tulang Janin

Makanan yang Kaya akan Kalsium 

Mencukupi asupan kalsium untuk ibu hamil adalah hal yang penting dilakukan. Tidak hanya baik untuk perkembangan janin, asupan kalsium juga bisa membantu menurunkan risiko hipertensi dan preeklampsia pada calon ibu. Sayangnya, kalsium tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga perlu diperoleh melalui asupan makanan atau suplemen tambahan. 

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan kalsium untuk ibu hamil, di antaranya: 

1.Susu 

Susu dan produk olahannya merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan kalsium serta aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Calon ibu juga bisa mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju, yoghurt, atau es krim untuk memenuhi kebutuhan kalsium. 

2.Sayuran Hijau 

Asupan kalsium untuk ibu hamil juga bisa didapat dari sayuran hijau. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi selama hamil, termasuk di antaranya pakcoy dan brokoli. 

Baca juga: Apakah Bumil Harus Minum Susu Hamil

3.Seafood 

Beberapa jenis seafood alias makanan laut juga bisa dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan kalsium pada masa kehamilan. Ibu bisa mencoba konsumsi udang, ikan salmon, atau jenis seafood lain yang dianjurkan dokter. 

4.Kacang-Kacangan 

Sajian yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti tahu juga bisa menjadi pilihan makanan untuk memenuhi asupan kalsium untuk ibu hamil. Selain itu, jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, biji wijen, atau buncis juga bisa dikonsumsi.

Kekurangan kalsium adalah kondisi yang harus dihindari oleh ibu hamil. Jika hal ini sampai terjadi, kebutuhan kalsium selama kehamilan akan diambil dari tulang ibu. Semakin lama, hal itu bisa meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis atau gangguan tulang lain pada ibu. Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi suplemen khusus. 

Biar lebih mudah, ibu bisa membeli suplemen atau produk kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc. Kebutuhan lainnya selama hamil juga bisa dibeli hanya dengan satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Secara umum, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.500 miligram per hari. Namun perlu dicatat, asupan nutrisi yang satu ini tidak boleh berlebihan. Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.500 miligram kalsium per hari. Pasalnya, terlalu banyak kalsium malah bisa memicu terjadinya kembung, sembelit, jantung berdebar-debar, gangguan irama jantung, hingga batu ginjal pada ibu hamil. 

Baca juga: Selain Susu, Inilah 10 Makanan Sumber Kalsium

Terlalu banyak asupan kalsium juga bisa mencegah tubuh dalam menyerap mineral lain yang juga dibutuhkan selama hamil, misalnya zinc dan zat besi. Selain mengonsumsi makanan, mengonsumsi suplemen khusus juga bisa dilakukan untuk memenuhi asupan kalsium untuk ibu hamil. Biar lebih aman, pastikan untuk selalu membicarakan hal ini terlebih dahulu pada dokter, terutama terkait jenis suplemen, dosis, dan aturan konsumsi suplemen selama hamil.

 

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Calcium in Pregnancy. 
Baby Center. Diakses pada 2021. Calcium in your pregnancy diet.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Calcium Needs During Pregnancy.
The Bump. Diakses pada 2021. Why Calcium Is So Important During Pregnancy.