• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Mengandung Asam Amino Esensial untuk Bumil

4 Makanan Mengandung Asam Amino Esensial untuk Bumil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak yang harus diperhatikan dengan baik ketika ibu menjalani masa kehamilan, salah satunya adalah asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Beragam nutrisi dan gizi oleh ibu hamil perlu dipenuhi agar kesehatan ibu selama menjalani kehamilan tetap optimal. Pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi juga diperlukan untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Baca juga: Pentingnya Asupan Nutrisi bagi Ibu Hamil

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah asam amino esensial. Asam amino esensial dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebaiknya konsumsi asam amino esensial langsung dari sumber makanan alami dibandingkan suplemen asam amino. Namun, jika suplemen asam amino tetap dibutuhkan, sebaiknya konsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

Makanan dengan Kandungan Asam Amino untuk Ibu Hamil

Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti folat, magnesium, vitamin D, dan asam amino esensial. Meskipun dibutuhkan tubuh, dilansir dari laman Verywell Family, ibu hamil atau menyusui sebaiknya menghindari suplemen asam amino yang berjenis tyrosine, phenylalanine, tryptophan, dan 5-HTP.

Mengapa demikian? Asam amino berfungsi untuk memecah protein hewani dan nabati dalam makanan. Sedangkan pada ibu hamil, protein hewani maupun nabati diperlukan untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Jadi, tidak ada salahnya ibu hamil mendapatkan kebutuhan asam amino dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino.

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Asam amino dapat ditemukan pada makanan yang mengandung protein. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi asam amino. Padahal, bagi ibu hamil, asam amino memiliki manfaat, seperti memperbaiki jaringan tubuh dan membantu melancarkan proses pertumbuhan dalam tubuh.

Selain lebih aman, kandungan asam amino yang terdapat pada makanan lebih rendah dibandingkan asam amino yang didapat dari suplemen. Nah, makanan yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh, yaitu:

1. Telur

Telur adalah makanan dengan kandungan protein cukup tinggi. Tidak hanya protein, telur memiliki kandungan asam amino esensial yang baik untuk ibu hamil. Jika ibu hamil ingin mengonsumsi telur, sebaiknya perhatikan tingkat kematangan dari telur yang dikonsumsi.

2. Ikan

Ikan menjadi sumber asam amino esensial yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain dapat memenuhi kebutuhan asam amino esensial, ikan membantu pertumbuhan dan otak janin di dalam kandungan. Mengonsumsi ikan dalam masa kehamilan juga mengurangi risiko kelahiran prematur.

Baca juga: 4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

3. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak juga dapat menjadi sumber makanan yang mengandung asam amino esensial baik untuk ibu hamil. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan kematangan daging yang dikonsumsi, ya! Pastikan daging yang dikonsumsi ibu memiliki tingkat kematangan yang sempurna. 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi asam amino esensial. Ibu dapat mencoba mengonsumsi makanan olahan yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti tahu, tempe, atau oncom.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung asam amino esensial untuk ibu hamil. Tentunya ada banyak nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan. Ibu bisa bertanya langsung dengan dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc. Jadi, ibu bisa menghubungi dokter di mana saja dan kapan saja.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. Are Amino Acids Safe During Pregancy?
Live Strong. Diakses pada 2020. Food High in Essential Amino Acids