4 Makanan Sehat sebelum Berolahraga Pagi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Makanan Sehat sebelum Berolahraga Pagi

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga sudah terbukti bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari serangan berbagai penyakit. Namun, tidak semua orang memiliki cukup banyak waktu untuk berolahraga. Melakukan aktivitas fisik alias berolahraga di pagi hari sering dijadikan pilihan oleh orang-orang yang hanya memiliki sedikit waktu. 

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan berolahraga pada pagi hari, sore, atau malam. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu memutuskan untuk berolahraga pada waktu tertentu. Berolahraga di pagi hari sering menimbulkan pertanyaan; apakah harus sarapan sebelum berolahraga? Apa saja jenis makanan yang baik dan harus dikonsumsi sebelum olahraga pagi? Biar lebih jelas, simak ulasannya dalam artikel berikut ini! 

Baca juga: Menurut Ahli, Begini Aturan Makan Sebelum Berolahraga yang Tepat

Olahraga Pagi, Konsumsi Jenis Makanan Ini 

Setelah semalam tidak mengonsumsi makanan saat tidur, beberapa orang mungkin akan terbangun di pagi hari dengan rasa lapar yang tinggi. Hal itu kemudian mendorong keinginan untuk mengonsumsi makanan alias sarapan segera. Sah-sah saja untuk segera menyantap sarapan, termasuk jika kamu berencana berolahraga pagi. Namun, sebaiknya perhatikan waktu dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Sarapan sebelum berolahraga bisa membantu memberi energi pada tubuh, sehingga performa akan menjadi lebih baik. Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun akan menjadi bahan yang “dibakar” selama aktivitas fisik berlangsung. Ada berbagai faktor yang memengaruhi perlu atau tidak sarapan sebelum berolahraga, di antaranya kebutuhan tubuh, kondisi saluran pencernaan, metabolisme tubuh, serta jenis olahraga yang akan dilakukan. 

Jika memutuskan untuk sarapan sebelum olahraga pagi, pastikan untuk mengonsumsi makanan setidaknya satu jam sebelum berolahraga. Dengan begitu, tubuh akan memiliki waktu untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini juga bisa membantu menghindari terjadinya gangguan pencernaan akibat waktu makan yang terlalu dekat dengan aktivitas fisik. 

Baca juga: Tips, Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi

Selain waktu makan, kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar tidak berlebihan dan bisa membantu tubuh dalam berolahraga, ada 4 jenis makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi, seperti: 

1. Roti Gandum 

Jika kamu bukan tipe orang yang bisa makan berat di pagi hari, cobalah untuk mengonsumsi sepotong roti sebelum berolahraga. Kamu bisa memilih jenis roti yang sehat, yaitu roti gandum yang diolesi dengan selai kacang. Asupan makanan ini tidak terlalu berat, tetapi bisa membantu memberi energi pada tubuh untuk berolahraga. 

2. Smoothies 

Kamu juga bisa mengonsumsi segelas smoothies buah segar sebelum berolahraga. Jenis makanan ini bisa memberi energi dan juga baik untuk tubuh. Kandungan buah dan susu yang ada dalam segelas smoothies bisa diandalkan agar performa olahraga menjadi lebih baik. 

3. Buah

Sebelum berolahraga pagi, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Kamu bisa memilih untuk konsumsi buah pisang atau apel sebelum berolahraga di pagi hari. 

4. Sereal 

Satu mangkuk sereal juga bisa menjadi santapan pagi sebelum berolahraga. Selain memiliki rasa yang enak, mengonsumsi serela bisa memberi rasa kenyang dan menyehatkan. Kamu bisa menambahkan susu dan potongan buah dalam mangkuk sereal agar lebih nikmat. 

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2019. What To Eat Before A Morning Workout, According To Nutritionists.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Eating and exercise: 5 tips to maximize your workouts.