• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Terbaik saat Menjalani Kemoterapi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Terbaik saat Menjalani Kemoterapi

4 Makanan Terbaik saat Menjalani Kemoterapi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Januari 2022

“Seseorang yang sedang menjalani kemoterapi perlu melakukan banyak hal agar dapat menghindari efek sampingnya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang ampuh terhadap hal tersebut. Tentunya, makanan tersebut harus mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.”

4 Makanan Terbaik saat Menjalani Kemoterapi

Halodoc, Jakarta – Kemoterapi adalah salah satu pengobatan untuk pengidap kanker yang dibutuhkan agar penyakit tersebut dapat teratasi. Saat menjalani pengobatan kemoterapi, ada banyak efek samping yang kerap dirasakan. 

Untuk mengurangi efek samping yang timbul, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Apa saja makanannya? Ketahui jawabannya di sini!

Makanan yang Cocok saat Menjalani Kemoterapi

Seseorang yang menjalani pengobatan kanker, seperti kemoterapi, sangat memerlukan peningkatan asupan protein dan kalori. Kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori ekstra dan makanan yang kaya protein, seperti telur, ikan dan kacang-kacangan. Selain itu, pasien kemoterapi juga perlu mengubah tekstur dan konsistensi makanan yang lebih mudah untuk dikunyah dan ditelan.

Diet yang sehat dan menyeluruh memang harus dilakukan untuk membantu guna mengurangi efek samping terkait kemoterapi. Diet yang sehat dan menyeluruh harus terdiri dari makanan utuh yang padat nutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, sumber protein, dan lemak sehat. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa makanan terbaik saat menjalani kemoterapi.

Nah, berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi:

1. Alpukat

Salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada seseorang yang sedang menjalani kemoterapi adalah alpukat. Buah ini kaya akan kandungan kalori dan nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan agar dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) serta meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Selain itu, alpukat juga mengenyangkan dan kaya akan nutrisi baik sehingga dapat menjadi pilihan yang bagus untuk menghindari segala efek samping dari kemoterapi, seperti sembelit, sariawan, hingga penurunan berat badan. Kamu dapat mengonsumsi alpukat secara langsung atau dicampur dengan makanan lainnya agar rasanya lebih nikmat.

2. Telur

Tubuh yang mudah lelah juga termasuk salah satu efek samping dari kemoterapi. Nah, salah satu makanan yang baik untuk mengatasi kelelahan tersebut adalah dengan mengonsumsi telur. Makanan ini baik untuk atasi efek samping tersebut karena kaya akan kandungan protein dan lemak. Selain itu, kandungan lemak yang terkandung juga dapat memberi energi dan protein dapat menjaga serta membangun massa otot yang sangat penting selama kemoterapi dilakukan.

3. Kacang-Kacangan

Makanan lainnya yang sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalani kemoterapi adalah kacang-kacangan. Makanan ini juga dapat dikonsumsi sebagai camilan yang mudah dibawa saat banyak pemeriksaan yang dilakukan. Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang baik untuk melewati masa kemoterapi dan mengurangi efek samping dari pengobatan tersebut.

4. Brokoli dan Sayuran Silangan Lainnya

Sayuran silangan, seperti kangkung, brokoli, kembang kol, dan kubis, adalah salah satu makanan yang baik untuk seseorang yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Untuk brokoli, sayur ini kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, sayur ini juga mengandung sulforaphane, kandungan yang dapat menyehatkan otak dan melindungi sel tubuh dari kerusakan, karena sangat penting untuk seseorang yang menjalani kemoterapi.

Nah, itulah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat kamu sedang menjalani kemoterapi. Dengan mengonsumsi makanan ini, diharapkan segala efek samping yang timbul saat menjalani pengobatan ini dapat diminimalkan. Selain itu, kamu juga dapat membantu tubuh dari dalam agar lebih cepat pulih.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait berbagai makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalani kemoterapi. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam mendapatkan informasi langsung dari ahlinya bisa dilakukan dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Foods to Eat During Chemotherapy.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about diet and chemotherapy.