• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Parkinson

4 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Parkinson

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Parkinson

“Penyakit parkinson adalah penyakit neurologis yang memengaruhi gerakan seseorang. Akibatnya, pengidap bisa mengalami sejumlah gejala motorik yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala penyakit Parkinson bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan tertentu dipercaya bisa membantu meringankan gejala Parkinson.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit Parkinson dikenal sebagai penyakit yang memiliki gejala khas, yaitu tremor. Selain tremor, masih ada banyak gejala lain yang berkaitan dengan gerak yang bisa dialami pengidap. Hal itu karena penyakit Parkinson adalah kondisi neurologis yang memengaruhi gerakan seseorang.

Selain bisa membuat pengidap merasa tidak nyaman, gejala penyakit Parkinson tentu bisa melemahkan dan menyulitkan pengidap dalam beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, penyakit Parkinson tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya bisa dikendalikan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat. Yuk, ketahui makanan apa saja yang baik untuk pengidap Parkinson di sini.

Baca juga: Tahap-Tahap Penyakit Parkinson yang Perlu Diketahui

Makanan yang Baik untuk Pengidap Parkinson

Sebenarnya tidak ada makanan atau kombinasi makanan yang terbukti mampu memperbaiki penyakit Parkinson. Namun, beberapa makanan tertentu bisa membantu meringankan beberapa gejalanya. Pola makan juga merupakan salah satu faktor potensial yang bisa mengurangi risiko Parkinson atau memperlambat perkembangannya.

Berikut makanan-makanan yang baik untuk pengidap Parkinson:

  1. Minyak Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan bisa membantu memperlambat perkembangan Parkinson. Menurut beberapa studi, asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan saraf, meningkatkan transmisi saraf dan memperlambat neurodegenerasi. Itulah mengapa mengonsumsi ikan berlemak yang kaya omega-3 atau suplemen omega-3 baik untuk dikonsumsi pengidap Parkinson.

Jenis ikan dan makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi, antara lain:

·         Ikan kembung.

·         Ikan salmon.

·         Ikan herring.

·         Tiram.

·         Ikan sarden.

·         Ikan teri.

Minyak ikan juga adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik yang punya banyak manfaat kesehatan. Kandungan ini membantu meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak, serta memperlambat laju penurunan kognitif.

Selain memberikan manfaat langsung bagi pengidap, asam lemak omega-3 juga membantu mengurangi risiko demensia dan kebingungan, yang keduanya merupakan gejala sekunder Parkinson.

  1. Kacang Fava

Kacang fava mengandung levodopa, yang merupakan kandungan yang terdapat dalam beberapa obat Parkinson. Inilah mengapa makanan ini dipercaya bisa membantu mengobati gejala Parkinson.

Kacang fava memang bisa memberi manfaat baik bagi pengidap, tapi ingat, jangan menjadikan makanan ini sebagai pengganti obat-obatan resep. Ahli saraf, Michal Gostkowski, DO, menjelaskan bahwa jumlah kandungan levodopa dalam kacang fava sangat kecil bila dibandingkan dengan yang terdapat dalam obat Parkinson. Jadi, mengonsumsi kacang fava saja tidak cukup untuk mengendalikan gejala penyakit tersebut.

Meski begitu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang fava bisa menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja motorik pengidap, tanpa menyebabkan efek samping apa pun.

  1. Makanan yang Mengandung Nutrisi yang Dibutuhkan Pengidap

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengidap Parkinson sering mengalami kekurangan nutrisi tertentu, seperti kekurangan zat besi, vitamin B1, vitamin C, seng, dan vitamin D. Menurut studi tersebut, kekurangan nutrisi bisa menyebabkan peradangan saraf dan degenerasi saraf, yang merupakan faktor kunci Parkinson.

Oleh karena itu, pengidap perlu mengonsumsi lebih banyak makanan berikut:

  • Makanan yang kaya zat besi, seperti hati, daging merah, kacang polong, kacang-kacangan.
  • Makanan mengandung vitamin B1, seperti kacang polong, pisang, jeruk, kacang, dan roti gandum.
  • Asupan vitamin C, seperti brokoli, paprika, buah masam, dan stroberi.
  • Makanan yang mengandung zinc, seperti daging, kerang, dan produk sereal.
  • Makanan dengan vitamin D, seperti ikan berminyak, daging merah, kuning telur.

Baca juga: Enggak Hanya Pengusir Kantuk, Kopi Bisa Cegah Penyakit Parkinson

  1. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Beberapa penelitian sudah mengaitkan stres oksidatif dengan perkembangan Parkinson. Stres oksidatif adalah kerusakan yang disebabkan oleh tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan bisa menjaga radikal bebas dalam tubuh tetap terkendali, sehingga membantu melawan stres oksidatif. Itulah mengapa makanan yang kaya antioksidan baik dikonsumsi pengidap Parkinson.

Beberapa makanan sumber antioksidan, antara lain:

·         Blueberry, cranberry, anggur, ceri, stroberi, dan raspberry.

·         Kacang pecan, kenari, dan kacang brazil.

·         Rempah-rempah, seperti kunyit

·         Hebal, seperti peterseli.

·         Sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam, dan kale.

·         Buah jeruk.

Baca juga: Ketahui Prosedur Terapi untuk Ringankan Gejala Parkinson

Itulah beberapa makanan yang baik untuk pengidap Parkinson. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai makanan, suplemen atau obat yang baik untuk memperbaiki gejala Parkinson, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya dari Halodoc siap membantu memberi saran kesehatan kapan saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Parkinson’s diet: What to know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Best Diet for Parkinson’s Disease