4 Makanan yang Bisa Sebabkan Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Makanan yang Bisa Sebabkan Jerawat

Halodoc, Jakarta - Pepatah ‘you are what you eat’ tampaknya benar. Sebab, apapun yang kita konsumsi, akan menimbulkan efek bagi tubuh, baik maupun buruknya. Pun dalam hal jerawat, masalah kulit yang satu ini ternyata dapat dipicu oleh jenis makanan yang dikonsumsi, lho. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa jadi penyebab jerawat.

1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis yang memiliki kandungan gula tinggi, seperti kue, soda, bahkan jus buah yang dicampur dengan banyak gula dan susu, ternyata bisa menjadi penyebab jerawat. Hal ini karena makanan dan minuman manis tersebut memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu insulin dan menyebabkan munculnya jerawat. 

Baca juga: 5 Fakta tentang Jerawat yang Jarang Orang Tahu

2. Keripik Kentang

Kentang memang bagus untuk dikonsumsi. Orang-orang yang sedang menjalani diet pun disarankan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat ini sebagai pengganti nasi. Namun, jika kentang diolah menjadi keripik dan diberi bumbu sedemikian rupa sehingga jadi sangat gurih, justru menjadi musuh bagi kamu yang sedang ingin menghindari jerawat.

Pasalnya, keripik kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung dapat merangsang timbulnya jerawat. Tak hanya keripik, kentang goreng dan roti juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang juga sebaiknya dihindari.

3. Makanan Berminyak

Makanan berminyak dan tinggi lemak, seperti makanan cepat saji dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, makanan cepat saji juga cenderung memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga turut memicu kemunculan jerawat.

Baca juga: Inilah Hormon Jerawat dan Cara Mengatasinya

4. Susu dan Makanan Olahannya

Susu, dan makanan olahannya seperti keju memang baik untuk dikonsumsi, karena kandungan kalsiumnya yang kaya. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, susu dan makanan olahannya juga ternyata dapat menjadi penyebab jerawat, lho. Hal ini karena hormon yang terdapat di dalamnya bisa memicu kelenjar minyak untuk terus berkembang, sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Beberapa makanan penyebab jerawat yang telah dijabarkan tadi hanyalah gambaran umum. Jerawat pada dasarnya berkaitan dengan hormon, sehingga setiap orang mungkin dapat memiliki faktor risiko berbeda. Jika ingin lebih jelas, kamu bisa diskusi dengan dokter kulit seputar jerawat di aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa obrolkan langsung apapun yang ingin kamu tanyakan seputar jerawat.

Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Hindari Jerawat dengan Cara Ini

Selain mewaspadai berbagai makanan penyebab jerawat tadi, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari timbulnya jerawat, yaitu:

  • Miliki pola makan sehat. Agar terhindar dari jerawat, dan juga sehat secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk coba menerapkan pola makan sehat. Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari jerawat adalah kacang. Ya, meski sering disebut sebagai penyebab jerawat, kacang nyatanya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga dapat mengurangi inflamasi di sekitar kelenjar minyak.

  • Terapkan pola hidup sehat. Seolah menjadi rahasia umum, menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari jerawat. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah tidur yang cukup, olahraga rutin, dan menghindari stres. Sebab, stres bisa memicu glukokortikoid yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit.

  • Selalu jaga kebersihan kulit. Jika ingin terhindar dari jerawat, kamu juga perlu menjaga kebersihan kulit. Caranya mudah, cukup cuci wajah sebanyak 2 kali, pada pagi dan malam hari. Sebab kotoran, keringat, dan kosmetik yang seharian menempel di wajah, dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases & Conditions - Acne
Healthline. Diakses pada 2019. Top 7 Foods That Can Cause Acne 
WebMD. Diakses pada 2019. Lifestyle Changes to Tame Acne