4 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Limfadenopati

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
limfadenopati, limfadenopati merupakan, gangguan kelenjar getah bening, klorofil

Halodoc, Jakarta - Limfadenopati merupakan gangguan pada kelenjar getah bening. Kondisi ini termasuk dalam kelainan dalam ukuran, jumlah, dan kepadatan. Peradangan limfadenopati adalah limfadenitis, yaitu ketika kelenjar getah bening membengkak. Bentuk limfadenopati terlihat seperti kacang polong yang tersebar di bawah ketiak, lipatan paha, leher, dada, dan perut. Kelenjar ini juga merupakan sistem dari getah bening yang membawa cairan, nutrisi, dan bahan limbah antara jaringan tubuh dan aliran darah.

Sistem getah bening merupakan bagian terpenting dari sistem kekebalan tubuh, yaitu sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Umumnya, kelenjar getah bening memiliki saringan, sehingga cairan yang melaluinya terbebas dari bakteri, virus, dan zat asing lainnya. Di samping itu, sel-sel darah putih yang disebut limfosit juga bertugas untuk menghancurkan limbah-limbah yang terdapat di pada kelenjar getah bening.

Agar kondisi limfadenopati semakin membaik, kamu perlu mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap limfadenopati:

Baca juga: Ketahui 4 Pengobatan Penyakit Limfadenitis

  1. Rumput Laut

Mungkin tidak banyak orang yang suka mengonsumsi rumput laut, tapi sebenarnya jenis sayuran ini mampu membantu pengidap kelenjar getah bening untuk lebih cepat pulih. Dengan asupan rumput laut, tubuh akan terdetoksifikasi dengan baik, sehingga bagian dalam tubuh kamu akan terbebas dari racun yang berbahaya.

Bukan hanya itu, mengonsumsi rumput laut juga dapat membantu mengeliminasi cairan berlebihan yang ada pada jaringan tubuh dan kelenjar getah bening yang menjadi penyebab dari pembengkakan. Rumput laut dapat dibuat sebagai sup jika kamu suka mengonsumsi yang segar dan berkuah. Seringlah memakannya supaya manfaatnya bagi tubuh dapat dirasakan dengan baik.

  1. Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Bagi pengidap dengan masalah getah bening, terutama yang sudah mengalami limfoma, sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak sehat dan baik. Bukan lemak jenuh apalagi lemak trans, melainkan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan kandungan paling baik sebagai asupan harian demi memelihara sel-sel tubuh serta mengembangkannya.

Untuk pertumbuhan, fungsi, serta perkembangan otak, lemak tak jenuh ganda pun mampu berperan penting. Bahkan, di dalamnya pun terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang siap menjadi pengatur sistem kardiovaskular.

Baca juga: 4 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Pengidap Limfadenitis

  1. Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk pengidap kelenjar getah bening, karena yang dibutuhkan pengidap limfadenopati adalah klorofil. Kandungan klorofil ini berkhasiat dalam menjaga kesehatan darah dan cairan kelenjar getah bening. Klorofil pun merupakan kandungan baik di dalam dedaunan maupun sayuran sebagai alat pendetoks tubuh.

  1. Gandum Utuh

Perlu untuk diketahui bahwa gandum utuh sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki gangguan limfadenopati. Efektivitas dari gandum utuh dalam melawan limfoma juga sangat tinggi. Kandungan mineral, vitamin hingga antioksidannya sangat tinggi, sehingga mengonsumsinya mampu menjadi cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang aman dan ampuh. Bahkan gandum utuh dapat dikonsumsi bagi siapapun yang ingin meningkatkan fungsi tubuh secara menyeluruh ataupun menolong produksi sel darah.

Baca juga: Waspada, Ini Bahaya Limfadenitis pada Ibu Hamil

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap limfadenopati. Sebaiknya kamu rutin mengonsumsi makanan tersebut dengan penjadwalan yang terencana, supaya manfaatnya semakin terasa. Kamu juga dapat mendiskusikan asupan makanan lain yang cocok untuk dikonsumsi pengidap limfadenopati pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.