4 Makanan yang Dianjurkan untuk Sahur bagi Pengidap Maag

makanan sahur untuk maag

Halodoc, Jakarta - Bagi para pengidap maag yang ingin menjalankan ibadah puasa, mereka perlu memperhatikan banyak hal dengan baik, salah satunya adalah apa yang mereka makan saat sahur. Sebab, gejala maag bisa saja kambuh sewaktu-waktu. Jika hal ini terjadi, pengidapnya akan mengalami rasa sakit yang cukup mengganggu. Maag bisa terjadi karena perut membutuhkan asupan yang teratur dan berkala. Nah, menjalani puasa akan membuat maag pada pengidapnya kambuh kapan saja.

Baca juga: Biar Badan Fit Seharian, Intip 3 Menu Sahur Sehat Ini

Meski begitu, hal ini bukan berarti pengidap maag enggak bisa menjalankan ibadah yang satu ini. Jika mereka merasa mampu dan kuat untuk menjalankannya, maka tidak ada halangan bagi mereka untuk menjalani ibadah puasa. Nah, bagi pengidap penyakit maag, perawatan penting yang harus diperhatikan adalah memperhatikan apa yang mereka konsumsi, terutama saat sahur guna mempersiapkan energi yang akan dibutuhkan untuk menjalani puasa. Hal ini dilakukan guna menunjang puasa agar lancar dan sakit maag enggak kambuh. Ini makanan yang dianjurkan untuk sahur bagi pengidap maag.

  • Buah Alpukat

Bagi pengidap penyakit maag, sebaiknya konsumsi buah dan sayur yang kaya serat saat sahur. Kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti brokoli, wortel dan jenis sayuran lainnya yang kaya akan serat. Setelah makan, kamu bisa mengonsumsi buah alpukat yang juga kaya akan serat.

Mengonsumsi makanan yang kaya serat saat puasa akan membuat makanan lebih lama dicerna, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu jangan makan buah dan sayur yang mengandung gas, ya! Karena buah dan sayur yang mengandung gas bisa memicu terjadinya maag saat kamu menjalani puasa.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Sahur

  • Buah Kurma

Selain kandungan gula yang kompleks, buah kurma juga mengandung banyak serat, karbohidrat, kalium, dan berbagai mineral penting lainnya. Nah, jika kamu mengonsumsi buah ini saat sahur, puasa lancar, maag tidak kambuh, aktivitas harian kamu otomatis tidak akan terganggu.

  • Kacang Almond

Kacang almond mengandung serat yang tinggi. Selain itu, kacang almond juga kaya akan protein. Oleh karena itu, kacang almond cocok untuk menu makan sahur kamu. Kamu bisa memakannya langsung atau menghancurkan kacang almond dan mencampurnya ke dalam susu.

  • Buah Pisang

Buah pisang kaya akan karbohidrat dan kalium yang baik bagi tubuh. Buah ini juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Bagi pengidap penyakit maag, jangan mengonsumsi pisang ambon, ya! Karena pada pisang ini, terkandung banyak gas yang tidak cocok dikonsumsi untuk pengidap maag.

Baca juga: Berbuka dan Sahur dengan Susu, Bolehkah?

Sebaiknya, minum obat maag yang biasa dikonsumsi sebelum makan untuk mencegah kambuhnya maag saat puasa. Nah, yang terpenting bagi pengidap maag adalah kurangi makan makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, seperti ubi, pisang ambon, jagung, talas, ketan dan minuman bersoda.

Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!