• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan yang Dibutuhkan Perokok

4 Makanan yang Dibutuhkan Perokok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Kebiasaan merokok agaknya semakin sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan masyarakat perkotaan. Sebab, hal ini sering dijadikan pelarian saat seseorang tengah merasa stres, entah karena tumpukan pekerjaan atau masalah kehidupan lainnya.

Sayangnya, kebiasaan yang satu ini sebenarnya adalah ancaman yang nyata bagi kesehatan. Pasalnya, seorang perokok aktif sangat mungkin akan mengalami masalah kesehatan, terutama pada paru-paru. Padahal, organ ini termasuk penting bagi kehidupan. Merokok nyatanya memicu terjadinya penumpukan “kotoran” di paru-paru yang pada gilirannya dapat mengganggu sistem pernapasan.  

Namun memang, untuk bisa berhenti dari candu rokok bukanlah suatu hal yang mudah. Ada beberapa proses yang harus dilewati terlebih dahulu. Nah, sambil berusaha untuk menghentikan rokok, kamu juga bisa mencoba untuk membersihkan paru-paru menggunakan makanan, lho! Yuk, cari tahu jenis makanan apa saja yang bisa membantu membersihkan paru-paru dan dianjurkan untuk dikonsumsi para perokok.

 

  • Buah dan Sayuran

 

Kebiasaan merokok bisa memicu penyakit yang berkaitan dengan paru-paru,  seperti Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), bronkitis, dan kanker paru-paru. Untuk mengurangi risiko ini, setelah berhenti merokok kamu dianjurkan untuk meningkatkan jumlah konsumsi buah dan sayur-sayuran.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak mengonsumsi buah dan sayuran, risiko penyakit paru-paru pun akan semakin kecil. Sebaliknya, perokok yang tidak mengonsumsi buah dan sayuran memiliki risiko hingga dua kali lipat untuk mengembangkan penyakit ini.

 

  • Buah Berry

 

Salah satu jenis buah terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah buah berry. Sebab, buah ini banyak mengandung zeaksantin, lutein, karotenoid dan flavonoid. Selain itu, buah berry juga dapat membersihkan kandungan zat yang menjadi perusak paru-paru.

Beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah raspberry, blueberry, cranberry, blackberry, dan strawberry. Daftar buah tersebut memiliki kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh dan juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang mungkin berkembang di paru-paru.

 

  • Jahe dan Kunyit

 

Kedua rempah-rempah ini ternyata bisa dijadikan ramuan yang berfungsi untuk membersihkan paru-paru, termasuk dari sisa rokok. Kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa membantu menurunkan risiko radang paru-paru, bahkan mencegah kanker.

Selain itu, ada pula jahe yang mengandung antiseptic dan antibakteri. Keduanya berperan dalam menjaga dan melancarkan saluran pernapasan. Cobalah untuk membuat ramuan yang terdiri dari jahe, kunyit, air dan madu. Rebus jahe dan kunyit dalam air, kemudian saring dan campur air rebusan dengan dua sendok madu.

 

  • Teh Hijau

 

Biasakanlah untuk mengonsumsi setidaknya secangkir teh hijau setiap hari. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam secangkir teh disebut dapat mengurangi dampak radikal bebas yang disebabkan oleh rokok.

Rutin mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum tidur nyatanya tak hanya baik untuk kesehatan paru-paru. Kandungan dalam teh hijau juga dapat membantu membersihkan bagian tubuh lain, terutama usus sebagai saluran pencernaan. Selain teh hijau, jenis teh yang juga tinggi akan kandungan antioksidan adalah teh hitam.

Selain lewat makanan, gaya hidup sehat juga harus diterapkan untuk menjaga paru-paru tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat, mengurangi kebiasaan begadang, menghindari minuman beralkohol, dan rutin melakukan olahraga.

Hal yang tak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sebab dengan demikian, kamu bisa mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi penyakit lebih cepat. Kalau punya masalah kesehatan, segera minta saran dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat biar kamu cepat sembuh. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!