• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan yang Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Anak

4 Makanan yang Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Makanan menjadi komponen penting dalam pertumbuhan anak. Membantu anak-anak tumbuh secara optimal adalah hal penting yang perlu diperhatikan orangtua. Pasalnya, gizi yang tidak memadai dapat menghambat pertumbuhan seorang anak, tidak peduli seberapa kuat gennya. Lantas, makanan seperti apa yang membantu meningkatkan pertumbuhan anak?

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak


Kombinasi Makanan Penting Membantu Pertumbuhan Anak 

Penting untuk diketahui bahwa anak perempuan mencapai tinggi maksimal pada usia 19 tahun, sedangkan anak laki-laki di usia 25 tahun. Kelenjar pituitari memainkan peran terbesar dalam menentukan tinggi badan. 

Kelenjar pituitari mengeluarkan hormon pertumbuhan manusia yang bertanggung jawab untuk peningkatan tinggi badan. Ada sejumlah makanan yang dapat membantu dalam menstimulasi fungsi hormon ini, sehingga dapat mencapai tinggi badan semaksimal mungkin di tahun-tahun pertumbuhannya. Berikut adalah kombinasi makanan penting yang membantu meningkatkan pertumbuhan anak:


1. Protein

Ini adalah salah satu jenis makanan terpenting dalam hal meningkatkan tinggi badan pada anak-anak. Protein sangat penting untuk membangun, mengembangkan, serta memelihara otot dan jaringan dalam tubuh. 

Kekurangan protein dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat atau tidak normal serta massa otot yang rendah. Oleh karena itu, orangtua harus memastikan bahwa pola makan anak diimbangi dengan cukup protein di dalamnya.


2. Mineral

Mineral tertentu dalam makanan sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak dari segi tinggi badan. Makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan, dan fluorida dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Selain itu, kalsium juga sangat penting, karena tidak hanya mendukung pertumbuhan tetapi juga membuat tulang kuat.


Baca juga: Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak


3. Vitamin

Dalam hal kesehatan dan massa tulang, vitamin D memainkan peran penting. Ini karena membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kekurangan vitamin D tidak hanya dapat menyebabkan tulang lemah dan pertumbuhan terhambat, tetapi juga dapat berdampak negatif pada tinggi badan. Selain itu, vitamin lain yang penting untuk pertumbuhan yang tepat pada anak-anak termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, riboflavin, asam askorbat dan vitamin F. Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin sangat penting dalam pola makan yang sehat dan seimbang.


4. Karbohidrat

Karbohidrat biasanya dianggap berbahaya, tetapi sebenarnya sangat penting dalam makanan anak-anak untuk meningkatkan tinggi badan mereka. Karbohidrat memberi energi pada tubuh, terutama pada anak-anak. 

Oleh karena itu, orangtua perlu memastikan bahwa makanan anak terdiri dari karbohidrat yang sehat. Karbohidrat yang dia konsumsi harus dari makanan seperti biji-bijian seperti gandum dan sereal. Makanan yang terdiri dari tepung olahan, seperti pizza, burger, dan roti putih sebaiknya dihindari.

Selain karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, anak juga membutuhkan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang disarankan dalam makanannya untuk memastikan kesehatan yang baik dan tinggi badan yang optimal. Dorong anak untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi ini saat menyantap makanan.


Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Informasi selengkapnya mengenai kombinasi makanan yang membantu meningkatkan pertumbuhan anak bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.







Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 7 Brain Foods for Kids
Firstcry Parenting. Diakses pada 2020. Best Foods to Increase Height in Children