• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Si Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Si Kecil

4 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Si Kecil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Juli 2022

“Vitamin D berperan penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi anak. Selain dari paparan sinar matahari, kebutuhan vitamin D anak juga bisa dipenuhi dengan memberinya makanan yang mengandung vitamin D.”

4 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Si Kecil4 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Vitamin tersebut bermanfaat untuk memperkuat kesehatan tulang dan gigi anak, karena membantu penyerapan kalsium dari makanan yang mereka konsumsi. 

Nah, vitamin D dikenal sebagai vitamin matahari, karena tubuh bisa memproduksi vitamin tersebut ketika kulit terpapar sinar matahari. Namun, selain itu, nutrisi ini juga bisa didapatkan dari berbagai macam makanan sehat. Yuk, cari tahu di sini apa saja makanan yang mengandung vitamin D untuk Si Kecil.

Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Anak

Pertama-tama, orang tua perlu mengetahui dulu berapa kadar asupan vitamin D harian yang diperlukan anak berdasarkan usianya. Bayi yang berusia hingga 12 bulan membutuhkan 400 unit internasional (IU) atau 10 mikrogram (mcg) sehari. 

Sementara anak-anak yang sudah berusia di atas 1 tahun membutuhkan 600 IU atau 15 mcg vitamin D setiap hari. Nah, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil tersebut dengan memberi makanan yang mengandung vitamin D berikut:

1. Salmon

Salmon merupakan makanan yang kaya akan vitamin D yang bagus untuk Si Kecil. Satu porsi ikan salmon (100 gram) bisa memberikan sebanyak 526 IU vitamin D. Selain itu, jenis ikan berlemak ini juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil, lho.

2. Kuning Telur

Selain salmon, ibu juga bisa memberikan telur pada Si Kecil untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin D-nya. Telur merupakan sumber protein yang juga kaya akan vitamin D.  Kuning telur mengandung 37 IU vitamin D.

3. Susu yang Diperkaya

Makanan yang mengandung vitamin D sebenarnya cukup terbatas, apalagi bila Si Kecil adalah pemilih makanan. Untungnya ada beberapa produk makanan yang secara tidak alami diperkaya dengan vitamin D, seperti susu. 1 cangkir susu sapi (237 mL) yang diperkaya bisa memberikan 115 IU vitamin D.

4. Yoghurt

Produk olahan susu lainnya yang sudah banyak juga diperkaya oleh vitamin D adalah yoghurt. Dalam 6 ons (0,17 liter) yoghurt yang diperkaya bisa memberi asupan vitamin D sebanyak 80 IU. Agar rasanya tidak terlalu asam, ibu bisa menambahkan buah-buahan manis, seperti pisang ke dalam yoghurt untuk Si Kecil.

Bila Si Kecil sakit, sebaiknya segera periksakan ia ke dokter dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc  sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk Si Kecil.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Nutritious Foods That Are High in Vitamin D.
Baby Centre. Diakses pada 2022. Vitamin D in your child’s diet