• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Manfaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

“Manfaat bayam merah bagi kesehatan tak kalah jauh dengan bayam hijau yang biasa kamu konsumsi. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam bayam merah dinilai mampu meningkatkan kadar hemoglobin, menjaga kadar gula darah sampai menjaga daya tahan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang tumbuh subur di Indonesia. Sayuran yang satu ini mungkin sering kamu konsumsi sehari-harinya. Kalau dibanding bayam hijau, bayam merah memang tidak lebih populer. Kendati demikian, manfaat bayam merah tak kalah jauh dari bayam hijau lo.

Lantas, apa sih yang membedakan bayam hijau dengan bayam merah? Sebenarnya, perbedaannya tak terlalu mencolok kok.  Bayam merah mengandung pigmen betasianin dan antosianin yang lebih tinggi dari bayam hijau. Yuk, cari tahu beragam manfaat kesehatan dari bayam merah. 

Baca juga: Begini Cara Tepat Mengolah Bayam

1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin merupakan salah satu sel darah merah yang kaya akan kandungan zat besinya. Jenis sel darah ini punya fungsi penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin dapat membuat kamu mudah lelah dan lemas. Nah, bayam merah mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga Kadar Gula Darah

Gula darah yang tidak terkontrol adalah salah satu pemicu utama penyakit diabetes. Studi yang dipublikasikan di Tropical Journal of Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa bayam merah memiliki khasiat sebagai antidiabetes. Bukan cuma itu saja, bayam merah juga mengandung tanin dan polifenol yang mampu menjaga kadar trigliserida. 

Baca juga: 3 Resep Makanan Sehat Berbahan Dasar Bayam

3. Tinggi Antioksidan

Tinggi Antioksidan

Bayam merah memiliki kandungan antioksidan polifenol yang cukup tinggi. Jika rutin dikonsumsi, tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan sel-sel tubuh ini perlu kamu waspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bukan hanya antioksidan saja, bayam merah juga mengandung vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan ketika sedang sakit. Vitamin C juga bisa menangkal radikal bebas yang berhubungan dengan penyakit kronis.

Baca juga: Banyak Makan Bayam Bikin Asam Urat, Benarkah?

Kebutuhan vitamin C juga bisa kamu peroleh dari mengonsumsi suplemen. Kalau kamu membutuhkannya, cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Segera dapatkan vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan dan jangan tunggu sampai sakit. Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Health benefits and nutritional value of spinach.
Health. Diakses pada 2021. 6 Health Benefits of Spinach, According to a Nutritionist.
Live Science. Diakses pada 2021. Spinach: Health Benefits, Nutrition Facts (& Popeye).