• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Centella Asiatica yang Dijadikan sebagai Skincare

4 Manfaat Centella Asiatica yang Dijadikan sebagai Skincare

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Manfaat Centella Asiatica yang Dijadikan sebagai Skincare

“Jika kamu gemar menggunakan skincare. pilihlah yang menggunakan bahan dasar dari tanaman centella asiatica. Tanaman ini memiliki banyak manfaat pada kulit jika diaplikasikan secara rutin. Beberapa manfaatnya adalah sebagai penyembuhan dan pelembap kulit.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu terbiasa menggunakan skincare, mungkin beberapa produk yang kamu miliki berbahan dasar centella asiatica. Tanaman yang disebut juga dengan daun pegagan ini sering digunakan menjadi bahan dasar krim untuk perawatan kulit wajah. Sebenarnya, apa saja manfaat centella asiatica yang ditawarkan dari penggunaan secara rutin? Berikut ini pembahasan selengkapnya. 

Berbagai Manfaat Centella Asiatica untuk Perawatan Kulit

Centella asiatica, atau daun pegagan, adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara yang umum digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam. Tanaman ini dan ekstraknya terbukti ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka dan berbagai masalah kulit lainnya, seperti eksim dan kusta.

Baca juga: Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Daun pegagan dapat memberikan manfaat pada kulit sebagian besar karena kandungan triterpenoid yang ditemukan di dalamnya. Selain itu, beberapa kandungan lain seperti asiaticoside, asam Asiatic, madecassoside, dan asam madasiatik juga bermanfaat pada kesehatan kulit.

Lalu, apa saja sih manfaat centella asiatica saat digunakan sebagai skincare? Nah, berikut jawabannya:

1. Anti Penuaan

Manfaat centella asiatica saat diolah menjadi skincare adalah pencegah penuaan dini. Hal ini karena tanaman pegagan kaya akan kandungan Flavonoid dan senyawa aktif yang disebut Madecassoside. Senyawa ini berguna sebagai antioksidan yang membantu untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi.

Senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen serta jaringan kulit agar tetap awet muda. Kolagen berperan penting terhadap peningkatan elastisitas kulit, sehingga tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus tidak terjadi terlalu dini.

Baca juga: 8 Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

2. Menenangkan Kulit

Manfaat centella asiatica berikutnya karena kaya akan saponin yang memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan luka pada kulit. Senyawa yang disebut juga asiaticosides ini baik mengatasi masalah kulit yang sensitif, meradang, iritasi, hingga gatal. Bahkan, hal ini mampu membantu untuk mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit secara signifikan.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kulit secara rutin di beberapa rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Pemesanan bisa dilakukan secara online, kamu bisa menentukan sendiri waktu dan lokasi yang sesuai dengan keinginan. Nikmati semua fiturnya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

3. Penyembuhan Berbagai Masalah Kulit

Manfaat centella asiatica berikutnya, yaitu mampu mengatasi berbagai masalah kulit Kandungan dalam centella asiatica dapat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, pembuluh darah, hingga stretch mark.

Untuk seseorang yang mengalami masalah jerawat, tanaman pegagan dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah timbulnya jaringan parut serta noda hitam di wajah. Kandungan Madecassoside meningkatkan aktivitas antioksidan di tempat luka sehingga kulit lebih kuat dan sirkulasi darah lancar.

Baca juga: Supaya Cantik Maksimal, Ikuti Urutan Skincare Korea Ini

4. Pelembap Kulit

Tanaman yang kerap diolah menjadi skincare ini juga dapat berguna sebagai pelembap kulit. Beberapa kandungannya, seperti beta-karoten dan fitokimia, sangat baik untuk menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Kulit kasar dan iritasi dapat juga dapat diatasi dengan penggunaan rutin skincare dengan bahan dasar tanaman ini. Maka dari itu, pastikan pemakaian skincare setiap hari agar kulit tetap mulus dan cantik.

Itulah beberapa manfaat centella asiatica yang biasa digunakan sebagai bahan dasar skincare. Jadi, saat kamu membeli krim perawatan kulit, ada baiknya memastikan jika produk tersebut terkandung tanaman pegagan di dalamnya. Dengan begitu, segala manfaat yang telah disebutkan bisa kamu dapatkan dengan perawatan rutin.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Science Becomes Her. Diakses pada 2021. Centella Asiatica (Cica) Benefits For Skin.
Paula’s Choice Skincare. Diakses pada 2021. Centella Asiatica for Skin.