• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan

4 Manfaat Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, beberapa manfaat jeruk nipis yang perlu diketahui adalah meremajakan kulit dan menyehatkan sistem pencernaan.”

4 Manfaat Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Setiap orang wajib memenuhi kebutuhan cairan harian di tubuh agar tetap sehat. Untuk manfaat yang lebih besar, kamu bisa lho memasukkan jeruk nipis ke dalam cairan yang dikonsumsi. Namun, apa saja sih manfaat jeruk nipis yang bisa didapatkan oleh tubuh? Untuk mengetahui lebih jauh, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis merupakan buah yang termasuk dalam keluarga jeruk. Makanan sehat ini merupakan sumber antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan antioksidan tersebut mampu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sebuah bahan kimia yang merusak sel tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan, seperti kalium, berbagai vitamin (A, B, C, dan D), kalsium, dan juga magnesium. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan cocok untuk seseorang yang sedang berdiet. Nah, berikut adalah beberapa manfaat jeruk nipis:

1. Meremajakan Kulit

Meremajakan Kulit

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah peremajaan kulit. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang mampu memperkuat kolagen. Dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis dapat menghidrasi tubuh yang sangat baik bagi kecantikan kulit serta meremajakan bagian terluar dari tubuh tersebut. Tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah mampu meningkatkan kesehatan dari sistem pencernaan. Jeruk nipis memiliki sifat asam yang dapat membantu air liur untuk memecah makanan di pencernaan dengan lebih baik. Kandungan flavanoid pada jeruk nipis juga dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Dalam mengatasi sembelit, keasamannya dapat membersihkan sistem ekskresi serta merangsang usus untuk bekerja lebih efektif.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu tubuh untuk menurunkan berat badan memang salah satu manfaat jeruk nipis yang sudah dikenal. Hal ini disebabkan kandungan asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme, membuat kalori lebih banyak terbakar, serta meminimalisir penyimpanan lemak. Tentu saja hal ini dibarengi oleh olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis kaya akan kandungan magnesium dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kalium memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan dan siruklasi darah. Dengan begitu, risiko untuk alami penyakit jantung lebih kecil. Selain itu, senyawa limonin pada jeruk nipis juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu diketahui, Maka dari itu, pastikan untuk lebih rutin mengonsumsi jeruk nipis dan lebih baik dicampur ke dalam air minum yang setiap hari dikonsumsi. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa mencampurkan beberapa buah lainnya agar rasanya lebih sedap.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya melalui smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the benefits of drinking lime water?