13 July 2018

4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak

manfaat kacang hijau untuk anak,kacang hijau

Halodoc, Jakarta – Jika Si Kecil merupakan tipe anak yang suka jajan di luar dan ibu sulit mengontrolnya, ada baiknya ibu mulai menghentikan kebiasaan jajan sembarangan tersebut. Minimnya pengawasan orangtua akan makanan yang Si Kecil konsumsi berpeluang meningkatkan risiko anak terkena penyakit seperti diare, radang tenggorokan, batuk, pilek, dan sebagainya. Penyakit-penyakit semacam itu bisa mudah menyerang Si Kecil lantaran makanan yang biasa dijual di dekat sekolah atau dekat rumah kurang higienis dan mengandung banyak bahan pengawet serta garam.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak yang Suka Jajan

Nah, untuk menyiasati kebutuhan Si Kecil akan makanan bergizi demi kelancaran tumbuh kembangnya, ibu dapat membuatkan kudapan sehat yang dapat dimakan kapan saja dan di mana saja. Salah satu kudapan yang mengandung banyak sekali kandungan gizinya adalah kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk anak tidak perlu kamu ragukan lagi, sebab kacang hijau sudah dikenal luas merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi Si Kecil dari radikal bebas. Masih ingin tahu manfaat kacang hijau untuk anak? Berikut ulasannya!

  1. Mendukung Kecerdasan

Kacang hijau adalah sumber asam folat yang sangat tepat untuk mengoptimalkan daya ingat anak. Kemampuan daya ingat yang kuat inilah yang akan membantu Si Kecil untuk lebih mudah memahami dan mengingat materi yang ia pelajari di sekolah, sehingga ia tidak akan menemui kesulitan saat mengerjakan tugas atau menghadapi ujian.

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan

Selain sumber asam folat yang baik, kacang hijau juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, B6, C, E, dan K yang penting untuk menunjang pertumbuhan Si Kecil. Tidak hanya itu, kacang hijau juga merupakan sumber protein yang baik, karena mengandung 20 hingga 24 persen protein. Bahkan, dalam kacang hijau juga terdapat zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia.

  1. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tidak hanya dapat dikonsumsi untuk anak yang berusia 5 tahun lebih, kacang hijau juga sangat cocok untuk dijadikan makanan pendamping ASI (MPASI). Kandungan kalsium dan fosfor akan membuat pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil semakin baik.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan flavonoid dalam kacang hijau berperan penting sebagai anti-mikroba dan anti-inflamasi yang berguna untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga akan jarang terserang penyakit yang mengganggu aktivitasnya.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Bagaimana, apakah ibu masih ragu akan manfaat kacang hijau untuk anak? Untuk menghindari kebosanan akan kacang hijau, ibu juga dapat menyiasatinya dengan cara melakukan variasi dalam pengolahannya. Berikut beberapa camilan berbahan dasar kacang hijau yang dapat Ibu coba:

  1. Susu Kacang Hijau

Ibu pasti masih jarang menemui susu dengan bahan dasar kacang hijau. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat pagi hari sebelum anak berangkat sekolah atau malam hari menjelang tidur. Cara membuatnya pun cukup mudah, Ibu hanya perlu merebus 3 cangkir kacang hijau dalam air selama 2 kali perebusan. Setelah empuk, Ibu dapat mencampurkannya dengan susu bubuk dan gula secukupnya dan kemudian diblender.

  1. Popsicle

Cara membuatnya sangat mudah, bubur kacang hijau yang sudah dingin tinggal dimasukkan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam freezer. Makanan ini sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

  1. Isian Gorengan

Bosan dengan sajian minuman dan es, kamu dapat mengolah kacang hijau menjadi gorengan yang tidak kalah nikmat. Jenis makanan ini biasa disebut Gandasturi.

Nah, jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan, Ibu dapat mengonsultasikannya dengan dokter di Halodoc. Ibu dapat memanfaatkan fitur Video/Voice Call dan Chat untuk berbicara dengan dokter yang selalu siaga 24 jam. Tunggu apalagi? Yuk, segera download Halodoc sekarang!