• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kelapa Muda Dikonsumsi setelah Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kelapa Muda Dikonsumsi setelah Berolahraga

4 Manfaat Kelapa Muda Dikonsumsi setelah Berolahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 Juli 2022

“Kelapa muda merupakan alternatif minuman yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Minuman tersebut kaya akan elektrolit dan nutrisi baik lainnya, sehingga manfaat kelapa muda baik untuk memulihkan tubuh setelah aktivitas fisik.”

4 Manfaat Kelapa Muda Dikonsumsi setelah Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Sehabis berolahraga, penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minum air yang banyak. Namun, bila kamu bosan minum air putih, air kelapa muda bisa menjadi alternatif minuman yang baik, lho.

Manfaat kelapa muda bahkan dinilai lebih baik dari minuman olahraga dalam menghidrasi tubuh setelah berolahraga. Sebab kandungan nutrisi di dalamnya tidak hanya menggantikan cairan tubuh, tapi juga memberi sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Yuk, simak manfaat kelapa muda di sini.

Manfaat Kelapa Muda Sebagai Minuman Olahraga

Tidak hanya rasanya enak dan menyegarkan, berikut manfaat kelapa muda bila diminum setelah berolahraga:

1. Menghidrasi Tubuh dengan Lebih Baik

Setelah berolahraga, tidak hanya kadar cairan dalam tubuh saja yang berkurang secara signifikan, tapi kadar elektrolit juga.  Elektrolit adalah ion yang ditemukan dalam darah, urine, dan cairan tubuh lainnya seperti keringat. 

Selama berolahraga, tubuh kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Bila kamu tidak segera menggantinya kembali, kamu bisa mengalami kekakuan, kram otot, mual, kelelahan dan mudah marah. 

Nah, air kelapa muda mengandung elektrolit yang tinggi, seperti kalium dan magnesium. Itulah mengapa manfaat kelapa muda yang diminum setelah berolahraga bisa menghidrasi tubuh dengan lebih baik.

2. Membuat Tubuh Berenergi Kembali

Air kelapa muda juga bisa menjadi alternatif minuman energi karena bisa memulihkan tenaga kamu setelah berolahraga. Hal itu karena air dari buah tropis tersebut mengandung karbohidrat, penambah energi yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami. Mengganti asupan karbohidrat yang hilang bisa membuat tingkat energi tetap terjaga.

3. Menjaga Kekuatan Otot

Selain memberikan energi, kandungan karbohidrat dalam kelapa muda juga bisa membantu menjaga daya tahan otot. Kandungan elektrolit, seperti potasium dan magnesium juga membantu otot untuk tetap berfungsi dengan baik.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi kamu yang sedang diet. Manfaat kelapa muda bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab minuman tersebut rendah kalori dan bebas lemak, sehingga kamu bisa mengonsumsinya tanpa khawatir berat badan naik. 

Selain berolahraga, minum suplemen vitamin juga ikut membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kamu tetap kuat.  Nah, kamu bisa cek kebutuhan obat dan vitamin dengan menggunakan aplikasi Halodoc.

 Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Gracefoods. Diakses pada 2022. 5 Reasons to Hydrate With Coconut Water During and Post Exercise
NDTV. Diakses pada 2022. This All-Natural Post Workout Drink Can Also Help You With Weight Loss: Know All About It
Verywell Fit. Diakses pada 2022. Using Coconut Water As an Electrolyte Drink During Runs