• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Juni 2022

“Ada cukup banyak manfaat kurma untuk ibu hamil. Mulai dari memenuhi kebutuhan serat, hingga mencegah anemia.”

4 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Meski berukuran kecil, manfaat kurma untuk ibu hamil cukup banyak. Buah bercita rasa manis ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma kaya akan vitamin dan mineral, serta antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Nah, selama kehamilan, penting untuk makan makanan yang seimbang dengan nutrisi penting seperti dalam kurma. Oleh karena itu, kebutuhan gizi pun akan terpenuhi. 

Berikut ini beberapa manfaat makan kurma selama kehamilan: 

  1. Tinggi Serat untuk Cegah Sembelit
cegah sembelit

Kurma mengandung banyak serat makanan, yang membantu pergerakan usus. Empat buah kurma memiliki sekitar 6,7 gram serat atau setara dengan sekitar 25 persen dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 20 hingga 35 gram. 

Kandungan serat dalam kurma ini dapat membantu mencegah sembelit. Ini adalah gejala umum selama kehamilan, karena hormon menyebabkan saluran pencernaan melambat sehingga ibu pun mudah sembelit.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalium
memenuhi kalium

Tubuh membutuhkan kalium untuk menjaga keseimbangan cairan dan mendukung fungsi sel secara teratur. Banyak ibu hamil mengalami muntah pada trimester pertama, yang dapat membuat kadar kalium dalam tubuh menurun. 

Dengan mengonsumsi kurma, ibu bisa mendapatkan asupan kalium. Buah ini mengandung sekitar 696 miligram kalium dalam porsi 100 gram (sekitar 4 buah kurma).

  1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Folat
memenuhi kebutuhan folat

Manfaat lain dari kurma untuk ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan folat atau vitamin B9. Folat adalah nutrisi penting selama kehamilan karena mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida. 

Rekomendasi asupan folat untuk ibu hamil adalah sekitar 600 mcg per hari. Kurma menyediakan 15 mcg folat per 100 gram sajian.

  1. Sumber Zat Besi yang Penting
sumber zat besi

Ibu hamil berisiko lebih tinggi mengalami anemia defisiensi besi, dan membutuhkan dua kali jumlah zat besi dibandingkan mereka yang tidak hamil. Anemia defisiensi besi yang parah dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan depresi pascapersalinan. Kurma mengandung sekitar 1 miligram zat besi per 100 gram sajian.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang mungkin selama ini jarang diketahui. Meski kaya manfaat, penting untuk mengonsumsi variasi makanan sehat lainnya juga, ya.

Jika ibu hamil mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, download Halodoc saja untuk membuat janji medis guna memeriksakan kondisi.

Referensi:
Grow by WebMD. Diakses pada 2022. Eating Dates: Health Benefits While Pregnant?
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Consuming Dates During Pregnancy.