• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria yang Perlu Diketahui

4 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Juni 2022

“Terdapat beberapa manfaat madu untuk kesehatan pria yang perlu diketahui. Salah satunya adalah meningkatkan produksi sel sperma berkat kandungan vitamin B-nya.”

4 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Madu merupakan substansi makanan manis yang dibuat oleh lebah dengan menggunakan nektar dari bunga secara alami. Selain rasanya yang lezat, madu juga diketahui sebagai makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Sebab, madu memiliki berbagai kandungan nutrisi penting. Misalnya seperti karbohidrat, air, vitamin C, vitamin B, sekaligus diperkaya oleh beberapa mineral. 

Bagi wanita, khasiat madu kerap digunakan sebagai obat kecantikan. Namun, tak hanya bermanfaat bagi wanita semata, nyatanya madu juga bermanfaat bagi para pria. Lantas, kira-kira apa saja manfaat madu bagi pria? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria 

Mulai dari meningkatkan produksi sel sperma, hingga bersifat afrodisiak. Berikut adalah penjelasan dari manfaat madu untuk kesehatan pria: 

1. Meningkatkan Produksi Sel Sperma

Salah satu manfaat madu yang sudah diketahui adalah meningkatkan vitalitas pria. Lantaran madu dikenal kaya akan vitamin B, yaitu zat penting untuk produksi testosteron. Oleh karena itu, jika dikonsumsi teratur, madu dipercaya dapat meningkatkan produksi sel sperma dalam durasi yang cepat dan jumlah yang besar. Menariknya lagi, konsumsi madu secara teratur juga diyakini dapat memperbaiki kualitas sperma yang dimiliki oleh pria. 

2. Berbagai Kandungan yang Baik untuk Keperkasaan

Mengonsumsi madu asli dikabarkan dapat memberikan khasiat yang sama dengan stimulan seksual ringan yang alami. Hal ini berdasarkan kandungan vitamin, zinc, dan vitamin E yang terkandung pada madu. Beberapa kandungan tersebut berkhasiat dalam menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan stamina bagi vitalitas pria. 

3. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Madu berkualitas tinggi yang diproses dengan baik dan segar mengandung banyak senyawa tanaman bioaktif penting dan antioksidan. Misalnya seperti flavonoid dan asam fenolik yang bermanfaat dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Namun, tak hanya itu, antioksidan juga dikabarkan bermanfaat bagi kesehatan seksual pria. 

Manfaat tersebut merujuk pada sebuah studi yang dipublikasikan pada Sexual Medicine Journal. Studi tersebut menjelaskan kalau antioksidan terbukti dapat mengurangi disfungsi ereksi pada pria. 

4. Bersifat Afrodisiak 

Madu diketahui sebagai substansi makanan yang bersifat afrodisiak. Artinya, madu bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan gairah atau libido seksual,  terutama pada pria. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan vitamin B dan zat boron pada madu. Oleh karena itu, mengonsumsi madu secara rutin tentunya dapat meningkatkan “kehangatan” hubungan kamu dan pasanganmu. 

Risiko Madu yang perlu Diwaspadai 

Meski madu memiliki banyak manfaat bagi pria, tapi madu juga termasuk sebagai gula. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah diabetes yang bersifat kronis dan dapat menimbulkan komplikasi. Nah, menurut American Heart Association, rekomendasi asupan gula tambahan yang aman pada pria tidak lebih dari 150 kalori sehari atau sembilan sendok teh. 

Itulah beberapa manfaat madu bagi pria yang perlu kamu ketahui. Mulai dari meningkatkan sel sperma, hingga bersifat afrodisiak. Jika kamu tertarik mengonsumsi madu secara teratur, pastikan untuk tidak sembarangan, ya. Ada baiknya terlebih dahulu kamu pastikan apakah madu tersebut asli dan sudah terdaftar di BPOM atau belum, karena jika kamu mengonsumsi madu palsu mungkin kamu tak akan mendapatkan berbagai manfaat seperti yang disebutkan di atas. Selain itu, lihat kembali tanggal kadaluarsa ketika kamu ingin membeli madu.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat lain dari madu untuk pria, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi untuk mendapatkan informasi kesehatan yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 7 Unique Health Benefits of Honey. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Honey: Health Benefits, Uses and Risks. 
Sexual Medicine Journal. Diakses pada 2022. Effect of Antioxidants Supplementation on Erectile Dysfunction: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. 
NIH. Diakses pada 2022. Role of honey in modern medicine. 
American Heart Association. Diakses pada 2022. Added Sugars.