• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Mengonsumsi Jamur untuk Kesehatan

4 Manfaat Mengonsumsi Jamur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kabar baik bagi kamu para pencinta jamur, ternyata mengonsumsi jamur dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan lho. Tidak hanya punya rasa yang enak, berbagai macam jamur yang sering digunakan dalam berbagai menu masakan juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Ada banyak jenis jamur yang hadir dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Beberapa jenis jamur yang aman untuk dimakan sudah lama digunakan sebagai bahan masakan, karena kemampuannya yang unik untuk menambah tekstur dan rasa dalam berbagai jenis masakan. Selain sebagai bahan makanan, jamur juga digunakan dalam beberapa jenis pengobatan tradisional.

Namun, pastikan kamu hanya mengonsumsi jamur yang aman untuk dimakan ya, karena ada juga beberapa jenis jamur beracun yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, bahkan berakibat fatal bila dimakan. Jamur yang aman dikonsumsi biasanya dapat ditemukan di toko-toko makanan, seperti jamur kancing, jamur kuping, shiitake, tiram, enoki, Portobello, dan lain-lain.

Baca juga: Jamur Enoki Jadi Penyebab Wabah Listeria, Ini Faktanya

Nutrisi yang Terkandung dalam Jamur

Semua jenis jamur yang dapat dimakan mengandung protein dan serat. Mereka juga mengandung vitamin B dan antioksidan kuat yang disebut selenium, yang bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel dan jaringan.

Secara khusus, jamur kancing putih adalah salah satu dari sedikit sumber vitamin D non-hewani. Ketika dibudidayakan, baik di dalam maupun di luar ruangan, jamur tersebut akan terkena sinar UV yang semakin meningkatkan konsentrasi vitamin D di dalamnya. Itulah mengapa jamur semakin banyak diteliti dan digunakan untuk manfaat kesehatan.

Baca juga: 4 Alasan Jamur jadi Menu Sehat Buka Puasa

Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi baik yang terdapat di dalamnya, jamur memberikan manfaat kesehatan berikut:

1.Mencegah Kanker

Menurut National Cancer Institute, kandungan antioksidan dalam jamur dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan selenium, kolin dan vitamin D dalam jamur yang juga ikut berperan dalam mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker. Manfaat jamur dalam mencegah kanker telah terbukti, karena makanan tersebut dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan menghambat pembentukan tumor.

2.Membantu Mengontrol Diabetes

Tidak hanya baik untuk memperlancar pencernaan, serat juga merupakan nutrisi penting yang dapat membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. Orang yang mengonsumsi lebih banyak serat diketahui memiliki risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Bagi orang yang sudah mengidap penyakit tersebut, serat dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

Nah, secangkir jamur mentah iris dengan berat 70 gram dapat mengandung hampir 1 gram serat. Karena itu, selain dapat memenuhi asupan serat harian, manfaat jamur juga baik bagi pengidap diabetes.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Berkat kandungan serat, kalium dan vitamin C, manfaat jamur juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat membantu mengendalikan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular. American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk mengurangi asupan garam dalam makanan dan memperbanyak asupan kalium. Nah, jamur muncul dalam daftar makanan AHA yang menyediakan kalium.

Selain itu, jamur juga terbukti memiliki beberapa khasiat terapeutik yang dapat menurunkan kolesterol, terutama pada orang dewasa yang kelebihan berat badan. Hal ini berkat kandungan sejenis serat yang disebut beta-glukan yang bisa ditemukan di dinding sel berbagai jenis jamur. Batang jamur shiitake juga merupakan sumber beta-glukan yang baik.

4.Baik untuk Wanita Hamil

Banyak wanita hamil yang mengonsumsi suplemen asam folat atau folat selama kehamilan demi mendukung kesehatan janin. Tapi tahukah ibu bahwa jamur juga dapat memberikan asupan folat, lho. Secangkir jamur mentah utuh dapat memberikan 16,3 mikrogram folat. Sedangkan menurut pedoman saat ini, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mikrogram folat setiap hari.

Baca juga: 6 Makanan Pengganti Daging bagi Vegetarian

Nah, itulah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jamur. Bila kamu ingin mengetahui nutrisi atau manfaat kesehatan dari makanan lainnya, tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What is the nutritional value of mushrooms?
BBC Good Food. Diakses pada 2020. The health benefits of mushrooms.