• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan Wanita

4 Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan Wanita

Halodoc, Jakarta – Olive oil atau yang dikenal juga dengan minyak zaitun menjadi salah satu jenis minyak yang paling baik untuk digunakan dalam proses memasak. Hal ini disebabkan minyak zaitun yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Olive oil atau minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun. 

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Namun, tidak hanya digunakan dalam proses memasak, nyatanya minyak zaitun juga terkenal karena kandungannya yang baik untuk menjaga kesehatan para wanita, baik kesehatan fisik maupun kesehatan tubuh. Nah, tidak ada salahnya simak beberapa manfaat minyak zaitun atau olive oil yang baik untuk kesehatan para wanita di sini.

1.Mengatasi Stretch Marks 

Munculnya stretch mark pada bagian perut saat menjalani proses kehamilan menjadi salah satu keluhan yang hampir dialami semua ibu hamil. Kondisi ini digambarkan dengan munculnya garis-garis halus selama masa kehamilan akibat proses perut yang membesar. 

Menggunakan minyak zaitun selama masa kehamilan dinilai dapat menurunkan risiko strech mark yang muncul pada bagian tubuh. Pastikan kamu mengoleskan pada beberapa bagian tubuh, seperti perut, bagian paha, payudara, hingga pinggul agar kondisi kulit tetap lembap.

Namun tidak hanya pada ibu hamil, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi stretch mark yang disebabkan oleh faktor lain, seperti penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba serta masa pubertas.

2.Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Minyak zaitun terdiri dari beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu kandungan antioksidan dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat minyak zaitun sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Melansir Medical News Today, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun dapat membuat kulit wajah terhindar dari paparan radikal bebas yang menyebabkan gejala penuaan dini. Selain itu, perawatan kulit wajah dengan minyak zaitun dapat menghindari kondisi kulit wajah dari paparan kimia yang berpotensi tingkatkan risiko kanker.

Sedangkan kandungan vitamin pada minyak zaitun, dapat membantu kulit wajah terlihat lebih sehat dan terawat. Memenuhi kebutuhan vitamin pada kulit juga mampu membuat kulit lebih lembap secara alami. 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

3.Menjaga Kesehatan Rambut

Punya rambut kusam dan susah diatur? Tidak ada salahnya mencoba minyak zaitun agar kondisi kesehatan rambut kembali optimal. Melansir Healthline, penggunaan minyak zaitun pada rambut nyatanya dapat membuat rambut lebih berkilau, lebih lembut, sehat, dan juga terawat. 

Jika kamu belum pernah menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut, sebaiknya ikuti beberapa langkah ini. Siapkan minyak zaitun secukupnya untuk merawat rambut kamu, tentunya hal ini akan berbeda pada tiap orang. Setelah itu, keramas terlebih dahulu seperti biasa. Gunakan minyak zaitun sebagai pelembap rambut setelah keramas dan diamkan beberapa menit. 

Bilas rambut hingga bersih, kemudian keringkan rambut untuk melihat hasilnya. Lakukan hal ini secara rutin yang disesuaikan dengan kondisi rambut. Jika beberapa kali penggunaan tetapi kamu belum melihat hasil, tidak ada salahnya untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk mengatasi masalah rambut yang kamu alami.

4.Menjaga Kesehatan dari Gangguan Jantung

Bukan hanya untuk menjaga fisik, mengonsumsi minyak zaitun secara rutin nyatanya dapat menurunkan risiko gangguan jantung. Melansir American Heart Association, seseorang yang rutin menambahkan minyak zaitun pada makanan yang akan dikonsumsi memiliki risiko 15 persen lebih rendah mengalami gangguan kardiovaskular dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun.

Tidak ada salahnya mulai sekarang coba menjalani hidup sehat dengan mengubah pola makan. Mengganti mayonaise, margarin, atau mentega dengan minyak zaitun nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 7 persen.

Baca juga: Miliki Banyak Manfaat, Ini Cara Terbaik Mengolah Minyak Zaitun

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kesehatan. Selain penggunaan minyak zaitun, tetap lakukan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2020. Olive Oil May Lower Heart Disease Risk.
Healthline. Diakses pada 2020. How To Use Olive Oil for Hair Care.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is Olive Oil a Good Moisturizer for Your Face?
Healthy Women. Diakses pada 2020. Pregnancy and Parenting: 5 Surprising Uses for Olive Oil.