4 Manfaat Probiotik untuk di Masa Pertumbuhan Si Kecil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat probiotik

Halodoc, Jakarta - Manfaat probiotik ternyata sangat beragam, apalagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, bakteri baik ini mampu melawan bakteri jahat yang ada di dalam saluran pencernaan manusia.

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Sebagai contoh, ketika seorang anak sakit dan diberikan antibiotik, obat tersebut akan membutuh bakteri baik maupun jahat. Probiotik kemudian berperan dalam mengembalikan jumlah bakteri baik yang hilang tadi. Senyawa probiotik ini hidup di dalam saluran pencernaan manusia. Dengan pencernaan yang sehat, kondisi ini akan berdampak positif pada kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat probiotik bagi tumbuh kembang Si Kecil? Yuk, simak empat daftarnya di bawah ini:

Manfaat Probiotik bagi Tumbuh Kembang Anak

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat pertama dari mengonsumsi probiotik adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pemberian makanan yang mengandung senyawa ini merupakan cara paling efektif untuk mencegah Si Kecil dari gangguan kesehatan. Semakin banyak jumlah probiotik di dalam tubuh Si Kecil, semakin efektif senyawa ini dalam menyeimbangkan limfosit B dan T pada tubuhnya. Kondisi ini akan berdampak positif pada kesehatan Si Kecil, termasuk mempercepat respons tubuhnya dalam melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

2. Melancarkan Saluran Cerna

Masalah pencernaan merupakan keluhan banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Situasi ini sebenarnya dapat diatasi dengan mengonsumsi probiotik, di mana senyawa ini mampu membuat proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi dapat berlangsung secara optimal. Selain itu, banyaknya jumlah bakteri baik dalam usus akan menutupi dinding usus sehingga risiko Si Kecil mengalami kekurangan gizi dapat berkurang.

3. Membantu Terapi Pengobatan

Walaupun bukan sebagai pengobatan utama, probiotik bisa dikonsumsi untuk membantu terapi pengobatan, termasuk mempercepat proses penyembuhan. Ada berbagai macam masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan bakteri baik ini, yakni diare akibat virus, diare akibat konsumsi antibiotik, meredakan gejala kolik atau menangis tanpa sebab pada Si Kecil, serta mencegah peradangan usus.

4. Baik untuk Kesehatan Otak dan Mental

Bukan hanya mengenai sistem pencernaan, konsumsi probiotik juga memberikan khasiat bagi perkembangan kesehatan otak Si Kecil. Pasalnya, bakteri baik ini mampu membuat neurotransmitter bekerja efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Tercukupinya asupan probiotik juga memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Hormon tersebut berperan dalam menjaga suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, serta mencegah Si Kecil mengalami kelelahan.

Seluruh manfaat probiotik ini bisa didapatkan dari makanan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah tempe, yogurt, keju, sauerkraut (hasil fermentasi dari kol atau sayuran lain), sup miso yang biasanya tersedia di restoran Jepang, serta kimchi yang merupakan olahan sayuran kubis dan bawang putih. Meskipun aman dikonsumsi, orang-orang dengan masalah sistem imunitas atau masalah kesehatan serius tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Bicarakanlah terlebih dahulu pada dokter sebelum Si Kecil mengonsumsi produk-produk probiotik.

Ibu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter. Sebab melalui aplikasi Halodoc, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: