23 June 2017

4 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

4 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Setiap wanita yang sedang hamil tentunya menginginkan kondisi kandungan yang sehat dan melahirkan tanpa mengalami kendala apapun. Untuk memperoleh kondisi tersebut, banyak cara yang dapat dilakukan agar kondisi kandungan sehat. Salah satu cara yang tepat adalah dengan melakukan olahraga yoga.

Ya, yoga memang merupakan salah satu cabang olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil, mengapa? Sebab, yoga merupakan penggabungan antara olahraga fisik dengan pelatihan pernafasan yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil.  Mungkin banyak dari ibu hamil yang merasa khawatir dalam melakukan latihan fisik saat hamil, tetapi tidak untuk melakukan latihan yoga yang memang sangat baik untuk ibu hamil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan yoga, menunjukkan risiko yang lebih rendah dalam hal kelahiran premature. Dibandingkan dengan yang hanya melakukan berjalan kaki (14% banding 29%), dan lebih cenderung tidak harus melakukan operasi cesar (23% banding 33%. Rata-rata, para ibu yang rajin melakukan yoga memiliki tekanan darah lebih rendah dan perkembangan janin lebih sehat.

Agar lebih jelasnya mengenai manfaat yoga untuk ibu hamil, sebaiknya kamu menyimak ulasan berikut ini, yaitu 4 manfaat yoga untuk ibu hamil:

1.  Melatih Pernapasan
Manfaat yoga untuk ibu hamil yaitu melakukan teknik pernapasan, mengapa hal ini begitu penting untuk ibu hamil? Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek yang positif, tidak hanya untuk fisik namun juga untuk mental ibu hamil. Di masa kehamilan, kondisi seseorang akan mengalami perubahan hormon yang membuat emosi dan mood akan naik dan turun tanpa alasan.

Jika seorang ibu hamil dapat bernafas lebih baik, tentunya hal ini dapat membantu dalam mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan berlatih teknik pernapasan dapat juga meningkatkan kualitas nafasmu dan memaksimalkan asupan oksigen yang baik untuk janin. Tak hanya itu berlatih teknik pernapasan juga dapat membantu kamu mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi.

2.  Tubuh Sehat
Olahraga memiliki manfaat menjadikan tubuh kita sehat, begitu juga dengan manfaat yoga untuk ibu hamil. Di masa kehamilan tubuh akan mengalami perubahan yang cukup drastis baik secara fisik maupun hormonal maupun emosional. Hormon estrogen, progesteron, prolaktin dan oksitosin akan meningkat tajam dan mengubah tubuhmu. Melakukan pelatihan yoga dipercaya dapat membantu kamu untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tersebut.

Gerakan-gerakan yoga dapat membantumu tetap sehat dan kuat, selain itu dapat membuat ibu hamil lainnya akan merasa rileks saat masa kehamilan.

3.  Relaksasi
Manfaat yoga untuk ibu hamil juga menyangkut akan relaksasi, ibu hamil biasanya memiliki kecenderungan akan rasa cemas sepanjang waktu. Berlatih yoga secara rutin dapat membantu kamu lebih tenang dan lebih rileks dikala rasa cemas tiba-tiba muncul.

Berlatih yoga juga bisa menghalau insomnia dengan mempraktekkan pose relaksasi atau savasana yang bisa dilatih di penghujung kelas yoga yang ditambah dengan mendengarkan musik yang menenangkan.

4.  Menguatkan Otot Panggul
Latihan yoga juga bermanfaat untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur, dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa pose seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali dalam membantu membuka area pinggul dan pelvis.

Saat hamil, kamu biasanya akan mengalami kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Dengan latihan yoga akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh dan membantu merenggangkan otot pinggang.


Itulah 4 manfaat yoga untuk ibu hamil yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin dan benar. Apabila kamu ingin mengikuti kelas yoga sebaiknya pilihlah kelas yang memang memiliki pelatih yang berkompeten. Tak hanya itu, diskusikan juga kepada dokter kandungan kamu, sebelum melakukan yoga. Apakah memang memungkinkan untuk kamu dalam melakukan latihan yoga, karena dibeberapa kasus kehamilan ada juga yang memiliki kandungan dan janin yang sangat rentan.

Jika kamu ingin bertanya-tanya seputar dunia kesehatan atau mengenai kehamilan dengan dokter spesialis, kamu bisa mendiskusikannya hanya melalui aplikasi Halodoc secara GRATIS. Hamil sehat, melahirkan pun lancar! Segera download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play.