4 Masalah Kesehatan Kulit yang Bisa Muncul Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Masalah Kesehatan Kulit yang Bisa Muncul Selama Puasa

Halodoc, Jakarta – Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman kurang lebih selama 14 jam. Hal itu sering dikaitkan dengan risiko masalah kesehatan kulit, akibat kurang asupan cairan. Sebenarnya, apa saja sih masalah kulit yang bisa muncul selama puasa?

Kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh selama puasa bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi, yaitu kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Dehidrasi ternyata memiliki gejala yang berkaitan dengan kondisi kulit dan menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Biar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja masalah kesehatan kulit yang muncul saat puasa dan bagaimana cara mengatasinya!

1. Kulit Kering

Kulit kering menjadi salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan selama berpuasa. Kondisi ini terjadi karena asupan cairan ke dalam tubuh berkurang. Selama puasa, seseorang memang diwajibkan untuk menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai terbenam matahari atau sekitar 14 jam dalam satu hari.

Untuk mencegah masalah kulit yang satu ini terjadi, pastikan untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuh saat sahur, berbuka puasa, ataupun pada malam hari sebelum tidur. Kamu bisa menerapkan pola minum 2–4–2 selama bulan puasa. Yaitu, 2 gelas air putih pada saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, dan 2 gelas air pada malam hari atau sebelum tidur. Masalah kulit kering juga bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein, sebab jenis minuman ini bisa menyerap cairan tubuh.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

2. Kulit Kusam

Selain kulit kering, kulit kusam juga sering dikeluhkan selama berpuasa. Agar kesehatan kulit tetap terjaga selama puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari pola makan hingga tingkat stres yang bisa memengaruhi kondisi kulit. Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar akan hal ini. Kulit kusam selama puasa bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurang istirahat dan kurang asupan cairan.

Selain itu, kebiasaan makan gorengan saat berbuka puasa ternyata juga bisa menjadi pemicu kulit terlihat lebih kusam. Gorengan bisa memiliki efek yang kurang baik bagi kondisi kulit. Sebab, makanan yang digoreng cenderung akan terhidrogenasi oleh panas. Makanan yang digoreng juga memiliki asam lemak trans yang akan mendorong produksi radikal bebas serta memicu oksidasi.

3. Kulit Tampak Lelah

Selama berpuasa, pola makan dan pola tidur akan mengalami perubahan dan hal itu ternyata juga berdampak pada kondisi kesehatan kulit. Kurang jam tidur dan asupan cairan saat puasa bisa membuat kulit wajah tampak lelah. Maka dari itu, sangat penting untuk menyesuaikan waktu tidur selama bulan puasa.

Baca juga: Cara Detox Tubuh dengan Puasa    

Selain itu, mengatasi masalah kulit saat puasa juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Jenis makanan ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit saat puasa.

4. Kasar dan Bersisik

Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang banyak melakukan aktivitas fisik di luar ruangan selama puasa. Sebab, hal itu bisa menurunkan kelembapan dan menyebabkan kulit terasa kasar dan bersisik. Untuk menghindarinya, cobalah untuk sebisa mungkin mengurangi kontak dengan matahari terlalu lama. Jika tidak memungkinkan, selalu gunakan tabir surya dan pelembap selama berada di luar ruangan.

Baca juga: 4 Alasan Kulit Tampak Kusam dan Kering Saat Puasa

Agar puasa lebih lancar dan kesehatan kulit terjaga, kamu bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan saat sahur atau berbuka puasa, terutama suplemen yang baik untuk kesehatan kulit. Lebih mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!