• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Minuman yang Baik Diberikan Rutin pada Anak

4 Minuman yang Baik Diberikan Rutin pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Minuman yang Baik Diberikan Rutin pada Anak

Selain dari makanan, orangtua bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikan minuman sehat. Beberapa jenis minuman, seperti air putih, susu, susu nabati, dan smoothie mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, orangtua bisa memberikan minuman tersebut secara rutin pada anak.

Halodoc, Jakarta – Kebutuhan nutrisi anak penting untuk dipenuhi agar Si Kecil bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. Berbagai nutrisi yang baik untuk anak tidak hanya bisa didapatkan dari makanan bergizi saja, tetapi juga dari berbagai minuman sehat.

Sayangnya, sama seperti makanan sehat, anak-anak juga cenderung tidak menyukai minuman sehat dan lebih memilih minuman manis. Namun, mendorong anak untuk membuat pilihan yang lebih seimbang dalam pola makannya penting untuk menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan. Yuk, ketahui minuman sehat apa saja yang baik untuk diberikan pada anak secara rutin di sini.

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

Minuman Sehat untuk Anak

Berikut ini beberapa pilihan minuman sehat yang baik untuk diberikan pada anak:

  1. Air Putih

Minuman sehat pertama perlu diberikan pada anak secara rutin tentu saja adalah air putih. Ketika Si Kecil haus, ibu harus menawarkan air putih terlebih dahulu. Hal ini karena air putih sangat penting untuk kesehatannya dan diperlukan untuk banyak proses penting yang terjadi di dalam tubuh anak, termasuk pengaturan suhu dan fungsi organ.

Faktanya, anak-anak memiliki kebutuhan air yang lebih besar daripada orang dewasa karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Tidak seperti banyak minuman lain, air tidak akan memberikan kalori, sehingga kecil kemungkinan anak akan merasa kenyang dan menolak untuk makan makanan padat. Hal ini sangat penting bila anak ibu adalah pemilih makanan.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga bisa menghindarkan anak dari dehidrasi yang bisa berdampak negatif pada kesehatan anak.

  1. Susu Tanpa Pemanis

Meskipun banyak anak lebih suka minum susu manis, seperti susu cokelat atau stroberi, susu biasa tanpa pemanis merupakan pilihan yang paling sehat untuk anak-anak.

Susu biasa tanpa pemanis sangat bergizi dan bisa menyediakan banyak nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Misalnya, kandungan protein, kalsium, fosfor, dan magnesium dalam susu, penting untuk kesehatan tulang anak yang masih bertumbuh. Selain itu, susu juga sering diperkaya dengan vitamin D, vitamin penting lainnya untuk kesehatan tulang. Karena itu, ibu bisa memberikan minuman sehat ini secara rutin pada Si Kecil.

Bila Si Kecil mengalami reaksi alergi yang mengkhawatirkan setelah minum susu sapi, sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Ibu bisa buat janji di rumah sakit pilihan ibu melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Ini Manfaatnya Jika Anak Minum Susu Secara Rutin

  1. Susu Nabati Tanpa Pemanis

Bagi anak yang intoleran terhadap susu sapi, susu nabati tanpa pemanis bisa menjadi alternatif yang baik. Contoh susu nabati, seperti susu almond dan susu kedelai.

Namun, sama seperti susu manis, susu nabati yang manis bisa mengandung banyak gula tambahan dan pemanis buatan. Itulah mengapa ibu sebaiknya memberikan susu nabati tanpa pemanis untuk anak.

Ibu bisa memberikan susu nabati tanpa pemanis begitu saja sebagai minuman rendah kalori pada anak atau membuatnya sebagai bahan dasar smoothies, atau oatmeal yang juga cocok untuk Si Kecil.

  1. Smoothies

Bagi orangtua yang kesulitan mendorong anak untuk makan buah-buahan dan sayuran, cobalah untuk membuat smoothies. Minuman tersebut mungkin bisa menjadi cara yang enak untuk memberikan makanan sehat tersebut pada Si Kecil. Banyak sayuran, seperti kangkung, bayam, bahkan kembang kol, bisa dicampur menjadi smoothie yang manis yang akan disukai anak ibu.

Beberapa kombinasi smoothie ramah anak meliputi:

  • Kale dan nanas
  • Bayam dan blueberry
  • Persik dan kembang kol
  • Stroberi dan bit

Campur kombinasi bahan di atas dengan susu sapi atau susu nabati tanpa pemanis, lalu tambahkan topping yang sehat, seperti chia seeds, bubuk kakao, kelapa tanpa pemanis, atau alpukat.

Sebaiknya jangan membeli smoothie di toko atau restoran, karena mungkin mengandung gula tambahan. Jadi, buatlah sendiri bila memungkinkan. Oleh karena smoothies tinggi kalori, tawarkan sebagai camilan atau bersama dengan makanan kecil.

Baca juga: Ini 5 Minuman Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari Anak-Anak

Nah, itulah beberapa minuman sehat yang baik untuk ibu berikan secara rutin pada anak. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga ya agar ibu bisa mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga dengan mudah.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Healthy Drinks for Kids (And 3 Unhealthy Ones)