4 Nutrisi Ibu Hamil Ini Bisa Didapatkan dari Buah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Nutrisi Ibu Hamil Ini Bisa Didapatkan dari Buah

Halodoc, Jakarta - Setiap ibu hamil pasti ingin yang terbaik untuk janin yang dikandungnya. Maka dari itu, bumil akan selalu mencoba untuk memenuhi asupan makanan yang bergizi dan sehat setiap hari agar pertumbuhan kandungannya tetap normal. Selain itu, hal itu juga dapat meningkatkan kemungkinan lahir dengan cara normal.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih semua makanan yang ke tubuh untuk menjaga nutrisi yang masuk ke tubuh. Hal tersebut karena kebutuhan nutrisi harian harus dicukupi agar kesehatan sang ibu dan anak tetap terjaga. Berikut beberapa nutrisi ibu hamil yang harus dicukupi setiap hari!

Baca juga: 4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamil yang Penting dari Buah

Memang, menentukan pilihan makanan yang sehat sangat penting untuk setiap wanita yang sedang hamil. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan dapat melengkapi nutrisi, ibu dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu makanan yang dapat mencukupi hal tersebut adalah buah.

Buah kaya akan kandungan serat dan nutrisi, terutama vitamin, asam folat, hingga kalium. Dengan mengonsumsi buah beberapa kali dalam satu hari, kamu dapat memastikan asupan nutrisi tersebut masuk ke tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan untuk menjaga tumbuh kembang bayi:

  1. Asam Folat

Salah satu nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi untuk kesehatan janin adalah asam folat. Kandungan tersebut termasuk dalam vitamin B, yang penting untuk pembentukan organ. Asam folat dapat membantu untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. 

Setiap ibu hamil disarankan untuk memenuhi 800 mikrogram folat setiap hari selama tiga bulan pertama selama kehamilan. Beberapa buah-buahan yang dapat memenuhi kebutuhan asam folat sehari-hari adalah jeruk, alpukat, pepaya, hingga pisang.

Baca juga: Paling Baik Wanita Hamil Konsumsi Jenis Buah Ini

  1. Zat Besi

Zat besi juga termasuk nutrisi untuk ibu hamil yang penting untuk dicukupi sehari-hari. Kandungan ini penting untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga volume darah yang dibutuhkan saat hamil. Selain itu, bayi yang di dalam kandungan juga membutuhkan simpanan zat besi untuk enam bulan pertama.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi kandungan tersebut. Ibu dapat mengonsumsi beberapa buah untuk mencukupi zat besi harian pada tubuh, seperti buah apel, pepaya, aprikot, dan prune. Selain itu, ibu juga dapat mendapatkan kandungan zat besi melalui sayur-sayuran.

Tercukupinya nutrisi pada ibu hamil sangat penting untuk dilakukan, maka dari itu kamu harus tahu takaran yang pas untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk menentukan takaran tersebut. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Kalsium

Nutrisi lainnya untuk ibu hamil yang terbilang penting dipenuhi adalah kalsium. Hal tersebut karena janin yang ada di perut membutuhkan kandungan tersebut untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka simpanan yang terdapat dalam tulang akan diberikan pada bayi.

Maka dari itu, agar simpanan kalsium pada tubuh ibu tidak berkurang yang dapat menyebabkan osteoporosis saat tua. Seseorang yang sedang hamil membutuhkan nutrisi kalsium sekitar 1.000 miligram dalam satu hari. Beberapa buah yang mengandung kalsium adalah jeruk, pepaya, alpukat, mangga, hingga kurma.

Baca juga: 8 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Saat Ibu Hamil Puasa

  1. Vitamin A

Setiap ibu hamil juga harus mencukupi nutrisi terhadap vitamin A. Hal ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan, serta mencegah kebutaan malam pada bayi. Walau begitu, asupan vitamin A yang berlebih di atas 10.000 IU setiap hari pada trimester pertama dapat menyebabkan cacat lahir.

Maka dari itu, pada trimester pertama, wanita yang hamil harus mendapatkan vitamin A hanya dari makanan. Beberapa sumber vitamin A dari buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah mangga, pepaya, alpukat, serta blewah. Tercukupinya vitamin A juga penting, asalkan tidak berlebihan.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. Pregnancy Diet & Nutrition: What to Eat, What Not to Eat
Health Hub. Diakses pada 2020. Can you have a healthy weight gain during pregnancy?