• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Biduran

4 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Biduran

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Biduran

“Biduran dapat menimbulkan bentol-bentol merah dan gatal di kulit. Untuk meredakan gejalanya, kamu bisa mencoba bahan alami seperti es batu, lidah buaya, oatmeal, atau minyak kelapa. Namun, bila tak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya bicarakan pada dokter.”

Halodoc, Jakarta - Mengalami bentol kemerahan disertai gatal setelah digigit serangga adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana bila bentol-bentol merah tersebut muncul tiba-tiba tanpa disadari? Di dunia medis, kondisi ini disebut biduran atau urtikaria

Bentol-bentol akibat biduran biasanya muncul dalam jumlah banyak, dan ukurannya besar-besar, tetapi tidak sama satu dan yang lainnya. Kondisi ini bisa diatasi sendiri di rumah, atau menggunakan obat-obatan. Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut!

Baca juga: Wajah Membengkak karena Biduran, Ini Penanganannya

Obat Alami untuk Atasi Biduran

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi biduran, yaitu:

1. Es Batu

Hindari mengompres bagian kulit yang mengalami biduran dengan kompres panas. Selain menambah rasa gatal yang dialami, mengompres panas meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Gunakan es batu yang dibalut dengan kain dan gunakan kompres dingin pada bagian kulit yang mengalami biduran untuk menurunkan gejala yang dialami.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi bagian kulit yang mengalami biduran karena memiliki senyawa antiinflamasi. Gunakan bagian daging lidah buaya dan oleskan langsung pada bagian kulit yang alami biduran. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Oatmeal

Melansir dari WebMD, gunakan oatmeal untuk mengatasi rasa gatal yang muncul akibat biduran. Caranya, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Usapkan campuran oatmeal dan air secara perlahan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami biduran.

Kandungan antiinflamasi dalam oatmeal membantu mengurangi gatal yang dirasakan. Pastikan kamu membilas tubuh dengan air yang tidak terlalu panas karena meningkatkan kembali rasa gatal pada kulit.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Angioedema dengan Biduran

4. Minyak Kelapa

Kamu dapat mencoba mengolesi bagian kulit yang gatal dan bengkak akibat biduran dengan minyak kelapa. Melansir dari Allergy and Asthma Clinical Center, minyak kelapa mengandung pelembap dan anti bakteri sehingga efektif digunakan untuk mengatasi biduran.

Mengenal Gejala dan Jenisnya

Gejala utama dari biduran adalah munculnya bentol kemerahan pada kulit. Biduran terjadi akibat adanya reaksi tubuh terhadap faktor pemicu alergi sehingga tubuh melepaskan histamine dan bahan kimia lainnya dari permukaan kulit.

Kondisi ini yang menyebabkan peradangan serta penumpukan cairan pada kulit sehingga menimbulkan efek bengkak yang terlihat dalam bentol-bentol. Biduran umum terjadi pada bagian tangan dan kaki. Biduran terbagi menjadi dua jenis yaitu biduran akut dan kronis.

Biduran akut muncul secara tiba-tiba, tapi dapat hilang dengan sendirinya atau melalui perawatan mandiri di rumah. Sedangkan biduran kronis terjadi secara kambuhan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Biduran kronis juga memerlukan pengobatan secara medis untuk menghilangkan gejala yang dirasakan.

Selain pengobatan yang dilakukan, penyebabnya juga berbeda. Umumnya, biduran kronis umumnya disebabkan oleh penggunaan jenis obat-obatan, parasit, lingkungan yang terlalu dingin atau terlalu panas, dan tingkat stres yang tinggi. Sementara biduran akut disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari tanaman, gigitan serangga, dan makanan tertentu.

Tips Mencegah Biduran

  • Hindari pemicu yang diketahui. Jika kamu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu biduran, sebaiknya hindari benda, obat-obatan, suhu atau zat-zat yang mungkin menyebabkannya.
  • Mandi dan ganti baju. Segera mandi dan ganti pakaian setelah kamu merasa terpapar alergen penyebab biduran.

Baca juga: Benarkah Biduran Bisa Menular? Ini Faktanya

Jika biduran masih belum sembuh, coba tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc dan beli obat yang diresepkan. Mudah sekali bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Allergy and Asthma Clinical Center. Diakses pada 2021. How to Treat Hives and Skin Allergy with Home Remedies.
WebMD. Diakses pada 2021. Alternative Medicine for Hives.
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Hives.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Hives.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are Hives (Urticaria).