23 August 2018

4 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

Asian games

Halodoc, Jakarta – Dibuka dengan perayaan yang super megah dan meriah pada tanggal 18 Agustus 2018 lalu, salah satu ajang kompetisi olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games resmi dimulai. Terbawa energi dan kemeriahan Asian Games, masyarakat pun jadi sangat antusias mengikuti atau bahkan menyaksikan sendiri pertandingan demi pertandingan yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Total ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 yang terdiri dari 28 cabang olahraga Olimpiade, 4 cabang olahraga baru dan 8 cabang olahraga non Olimpiade. Nah, sebenarnya dari ke-40 cabang olahraga ini, beberapa di antaranya ada yang bisa kamu coba lakukan di rumah, lho. Jadi, untuk ikut merayakan pesta olahraga ini, yuk lakukan olahraga Asian Games berikut di rumah.

1. Badminton

Tim bulutangkis atau badminton Indonesia dikenal selalu unggul dan mendulang banyak prestasi. Jadi, enggak ada salahnya kalau kamu ikut mencoba jenis olahraga yang cukup dijagokan oleh negeri kita ini. Agar lebih leluasa, mungkin sebaiknya kamu bermain badminton di halaman rumah atau di taman komplek perumahan. Bermain bulutangkis bersama teman atau anggota keluarga lainnya enggak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan, lho.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari bermain badminton secara rutin. Salah satunya adalah membuat otot dan persendian tubuh menjadi semakin kuat. Hal ini karena saat bermain badminton, tanpa sadar kamu menggerakan banyak anggota tubuh, mulai dari betis, paha, bokong, panggul, dan tentu saja lengan atas dan otot punggung. Dengan begitu, otot dan persendian tubuh akan terlatih lebih kuat dan fleksibel, sehingga kamu enggak gampang cedera saat berolahraga maupun beraktivitas.

Baca juga: Awas, Ini Cedera yang Biasa Terjadi saat Bermain Bulutangkis

2. Gulat

Memang gulat tidak termasuk jenis olahraga yang populer di masyarakat, namun demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi berharap gulat bisa menjadi olahraga baru yang digemari oleh kawula muda, pelajar, hingga anak-anak. Buat kamu yang pernah melihat atau hanya tahu sedikit tentang olahraga ini. Gulat merupakan jenis olahraga bela diri dengan jumlah pemain dua orang, di mana seorang pegulat harus berusaha mengontrol lawan dan menjatuhkan yang satunya lagi untuk dapat menang.

Olahraga yang mayoritas dilakukan oleh para pria ini memang termasuk olahraga kasar dan memiliki risiko cedera yang sangat tinggi. Karena itu, bagi kamu yang baru pertama kali mencoba gulat, sebaiknya pelajari tekniknya terlebih dahulu dan didampingi oleh seorang pelatih profesional.  

3. Karate

Selain gulat, cabang olahraga bela diri lainnya yang dipertandingkan di Asian Games adalah karate. Dibanding gulat, karate lebih dikenal masyarakat, bahkan dijadikan ekstrakurikuler di sebagian sekolah di Jakarta. Nah, buat kamu yang ingin meningkatkan otot lengan dan kaki sekaligus agar bisa membela diri, kamu wajib mencoba olahraga yang satu ini. Kamu bisa berlatih teknik-teknik karate seperti kuda-kuda,  memukul, menendang, menangkis, dan lain-lain di rumah.

Baca juga: Beladiri Bukan Cuma Hobi, Tapi Juga Olahraga yang Sehat

4. Senam

Enggak perlu sampai selentur para atlet senam di Asian Games, kamu cukup melakukan beberapa gerakan senam sederhana saja. Misalnya mencium lutut, split, atau mencoba menyentuh tumit kaki saat membuka kedua kaki lebar ke samping. Atau kamu juga bisa mencoba senam duls yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Apa itu senam duls? Jadi, dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018, penyelenggara mengadakan kegiatan bertajuk #SenamDuls yang berupa gerakan senam dan pemanasan seperti gerakan SKJ. Nah, kamu bisa seru-seruan bersama teman-teman dan keluarga melakukan senam duls ini agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Senam Neurobik Tingkatkan Daya Ingat, Kok Bisa?

Nah, itulah beberapa cabang olahraga Asian Games yang bisa kamu lakukan di rumah. Kalau kamu cedera atau mengalami kram saat berolahraga, kamu bisa membeli berbagai macam produk kesehatan yang kamu butuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan dikirim ke lokasi tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.