4 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Liburan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
olahraga saat liburan, olahraga ringan

Halodoc, Jakarta – Pergi liburan sering membuat seseorang lupa berolahraga. Saat sedang bepergian, wajar saja jika kamu ingin memanjakan tubuh dan “meliburkan” rutinitas berolahraga. Namun, hati-hati kalau tidak melakukan olahraga saat liburan ternyata bisa memicu kenaikan berat badan, lho.

Liburan rasanya tidak lengkap jika tak diisi dengan wisata kuliner, terutama menyicipi jenis makanan khas dari daerah yang sedang dikunjungi. Hal itulah yang kemudian menjadi pemicu bertambahnya bobot tubuh. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah berat badan naik saat pergi liburan?

Jawabannya adalah melakukan olahraga ringan. Sebab, kamu tetap bisa aktif berolahraga meski sedang dalam perjalanan. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang tidak membutuhkan alat apa pun yang bisa dilakukan selama bepergian. Apa saja itu?

1. Berjalan

Jalan kaki menjadi jenis olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Namun jangan salah, berjalan juga bisa memberi manfaat yang luar biasa pada tubuh karena dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Selain itu, jalan kaki juga bisa membantu menghindari bagian tubuh dari rasa kaku dan pegal-pegal akibat duduk terlalu lama saat di perjalanan.

Jika tempat yang ingin dikunjungi tidak terlalu jauh, kamu bisa berjalan untuk sampai ke sana. Selain lebih ekonomis, rutin berjalan kaki juga bisa membantu menjaga berat badan karena pembakaran kalori yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh jadi lebih bugar serta sehat.

2. Lari

Olahraga ringan yang satu ini sangat cocok bagi yang kamu yang sedang berlibur di pantai. Berlari-lari kecil di pasir pantai nyatanya tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menjaga kebugaran tubuh. Cobalah untuk berlari tanpa alas kaki. Selain bisa memberi sensasi refleksi, berlari tanpa alas kaki di pantai bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lari termasuk jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Selain berlari di pantai, jenis olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan pada pagi hari di sekitar penginapan. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa sepatu lari agar tubuh tetap bugar selama berlibur.

3. Berenang

Saat ini, sudah banyak penginapan dan hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang untuk para tamu. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama liburan. Berenang merupakan jenis olahraga ringan yang juga ampuh untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Olahraga renang dapat membantu membakar kalori tubuh. Jadi, jangan lupa untuk membawa setidaknya satu pasang baju renang setiap pergi berlibur.

4. Body-weight

Body-weight exercise merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan saat liburan, dan tidak membutuhkan alat khusus. Dalam melakukan latihan ini, kamu hanya perlu mengandalkan beban tubuh sendiri. Jenis latihan yang satu ini berguna untuk menjaga kekuatan otot serta membakar lemak.

Hanya butuh meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan beberapa jenis latihan ini. Kamu bisa memanfaatkan beberapa menit di pagi hari untuk melakukan latihan, seperti push-up, plank, atau squat. Gerakan tersebut bisa dilakukan masing-masing 20 kali dengan jeda 5 menit. Ulangi setiap set latihan sebanyak 3-4 kali.

Selain berolahraga, kamu juga bisa menjaga kebugaran tubuh selama liburan dengan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: