4 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Lupus

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Lupus

Halodoc, Jakarta - Berolahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain menjaga kebugaran, olahraga juga mencegah tubuh mudah terserang penyakit. Walau begitu, olahraga tidak hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang sehat saja, tetapi juga sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang mengidap beberapa penyakit.

Salah satu penyakit yang sangat disarankan untuk melakukan olahraga adalah pengidap penyakit lupus. Gangguan yang disebabkan oleh penyakit autoimun ini dapat diredam dengan cara berolahraga secara rutin. Namun, olahraga apa yang aman untuk dilakukan seseorang dengan gangguan tersebut? Berikut pembahasannya!

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

Olahraga yang Aman Dilakukan oleh Pengidap Lupus

Lupus adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan autoimun kronis dan dapat menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh. Penyakit autoimun sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melindungi diri malahan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh sendiri.

Ketika kamu mengidap lupus, pikiran untuk melakukan olahraga mungkin hampir tidak ada. Kamu sering merasa lelah, sendi yang terasa sakit, dan hanya berkeinginan untuk istirahat. Walau begitu, bergerak aktif dapat membuat kamu lebih sehat.

Seseorang yang mengidap lupus dan tetap berolahraga akan merasakan otot yang lebih kuat, mencegah kekakuan pada sendi, dapat mengendalikan kelelahan, hingga menghindari pertambahan berat badan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan. Berikut beberapa olahraga tersebut:

  1. Olahraga yang Dapat Membuat Lebih Kuat dan Fleksibel

Salah satu olahraga untuk pengidap lupus adalah kegiatan yang berdampak rendah. Cara ini dapat membuat orang tersebut menjadi lebih kuat dan lebih fleksibel. Kamu akan merasakan peningkatan pada kekuatan otot, meredakan kekakuan otot, hingga meningkatkan rentang gerak. Beberapa kegiatan tersebut seperti:

  • Latihan fleksibel, yaitu peregangan dan gerakan rentang gerak. Hal ini dapat mengurangi tubuh yang kaku dan membuat tubuh kamu menjadi lebih lentur.

  • Latihan penguatan, seperti latihan ketahanan atau angkat beban, yang dapat melatih otot menjadi lebih kuat dan mendorong sendi menjadi lebih baik.

  • Latihan aerobik, yang dapat memaksimalkan otot-otot besar pada tubuh dan berdampak baik pada fungsi jantung dan paru-paru. Kamu dapat melakukan hal-hal seperti bersepeda, berjalan, hingga olahraga air.

Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar gangguan lupus, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lupus yang Perlu Diketahui

  1. Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Seorang pengidap lupus juga harus melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Seseorang dengan penyakit kronis umumnya akan mengalami depresi. Seseorang yang aktif secara fisik akan mengalami tingkat depresi yang lebih rendah, umumnya setelah berolahraga. Kegiatan sederhana ini juga dapat menurunkan perasaan stres.

  1. Mencegah Efek Samping Obat

Seseorang yang mengidap lupus harus mengonsumsi obat secara rutin. Padahal, beberapa obat dapat menyebabkan kamu bertambah berat badan. Selain itu, kamu juga dapat mengalami peningkatan pada tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Salah satu obat yang dikonsumsi, yaitu steroid, dapat meningkatkan nafsu makan yang baik dikelola dengan rutin berolahraga.

  1. Meningkatkan Stamina

Pengidap lupus umumnya akan mengalami kelelahan setiap harinya. Maka dari itu, dengan berolahraga yang dapat meningkatkan stamina, tubuhnya akan menjadi lebih sehat. Kebanyakan pengidap gangguan ini merasa lamban dan mudah lelah. Maka dari itu, dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan tingkat energi di dalam tubuh sehingga tidak mudah kelelahan.

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Lupus

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh pengidap lupus. Gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi yang fatal. Maka dari itu, berolahraga sangat penting untuk meredam kelainan yang dapat menyerang beberapa organ tubuh, terutama otak. Ketika terjadi, kamu mungkin mengalami kehilangan ingatan dan gangguan saraf lainnya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Exercises for Lupus
Lupus.org. Diakses pada 2019. Exercising with lupus