• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Pengobatan untuk Atasi Nyeri Sendi setelah Olahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Pengobatan untuk Atasi Nyeri Sendi setelah Olahraga

4 Pengobatan untuk Atasi Nyeri Sendi setelah Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Desember 2021
4 Pengobatan untuk Atasi Nyeri Sendi setelah Olahraga

Nyeri sendi bisa saja terjadi setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Gejala nyeri yang muncul bisa terasa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakan gejala yang muncul, lakukan pengobatan dengan teknik RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). 

Halodoc, Jakarta – Nyeri sendi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya olahraga secara berlebihan. Pada dasarnya, olahraga adalah aktivitas yang baik dilakukan karena bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika aktivitas ini dilakukan secara berlebihan dan dengan cara yang salah, risiko terjadinya cedera akan semakin besar. 

Cedera akibat olahraga bisa memicu nyeri sendi, yaitu kondisi yang memengaruhi jaringan ligamen dan tendon di sekitar sendi. Kondisi ini biasanya akan ditandai dengan gejala nyeri pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Gejala nyeri yang ringan biasanya akan membaik dengan perawatan mandiri di rumah. Simak tipsnya di artikel berikut ini. 

Mengobati Nyeri Sendi Setelah Olahraga 

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa membangun kekuatan otot serta memelihara kesehatan sendi. Namun, hal ini justru bisa berubah berbahaya jika dilakukan secara berlebihan, salah satunya bisa memicu nyeri sendi. Selain itu, beberapa jenis gerakan olahraga juga bisa memicu cedera, misalnya melompat, lari, atau olahraga basket. 

Pada cedera yang tidak parah, nyeri biasanya akan mereda setelah beberapa saat dan setelah melakukan perawatan di rumah dengan teknik RICE. Berikut ini cara mengobati nyeri sendi setelah olahraga yang bisa dilakukan: 

  1. Rest 

Saat mengalami cedera hingga menyebabkan nyeri langkah pertama yang harus dilakukan adalah Rest. Istirahatkan bagian sendi yang terasa nyeri, sehingga pemulihan bisa segera terjadi dan nyeri yang muncul akan berkurang. 

  1. Ice

Langkah selanjutnya adalah kompres es. Sebab, suhu dingin dari es yang ditempelkan pada area sendi yang mengalami nyeri bisa membantu mengurangi pembengkakan. Kompres bagian yang terasa nyeri dengan es yang dibungkus menggunakan kain. 

  1. Compression 

Selanjutnya, coba berikan tekanan lembut pada sendi yang mengalami sakit, bisa menggunakan perban elastis. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bengkak dan menjaga posisi sendi. 

  1. Elevation

Cara mengatasi nyeri sendi selanjutnya adalah dengan menempatkan bagian yang mengalami sakit pada posisi yang lebih tinggi. Kamu bisa mengganjal bantal pada kaki atau bagian tubuh yang nyeri. 

Menurunkan Risiko Cedera setelah Olahraga 

Cedera dan nyeri sendi bisa terjadi setelah berolahraga. Untuk mengurangi risiko hal ini, pastikan untuk selalu melakukan peregangan sendi, terutama sebelum dan setelah berolahraga. Namun perlu diingat, olahraga tetap harus dilakukan secara rutin agar kesehatan otot dan sendi senantiasa terjaga. Lakukanlah aktivitas fisik ini dengan cara yang benar. 

Untuk menghindari cedera semakin parah dan pemulihan bisa segera terjadi, jangan tunda pengobatan. Selain dengan perawatan mandiri menggunakan teknik RICE, mengatasi nyeri sendi juga bisa dilakukan dengan penggunaan obat khusus. Jenis obat yang bisa digunakan adalah krim atau obat topikal yang dioles ke area tubuh yang nyeri. 

Cek dan beli obat oles untuk mengatasi nyeri sendi di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera tanpa harus keluar rumah. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membeli kebutuhan kesehatan lainnya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi
NHS UK. Diakses pada 2021. Knee Pain.
Patient. Diakses pada 2021. Joint Pain.
WebMD. Diakses pada 2021. What Is the RICE Method for Injuries?
WebMD. Diakses pada 2021. Too Much Exercise May Pose Arthritis Risk.