4 Pengobatan untuk Pengidap Kanker Endometrium

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
pengobatan kanker endometrium

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah kanker endometrium sebelumnya? Kanker yang satu ini merupakan kanker yang tumbuh dalam lapisan sel yang membentuk dinding rahim. Organ rahim sendiri adalah organ yang berongga, di mana pertumbuhan janin terjadi. Jika seorang wanita mengidap kanker endometrium. Berikut ini langkah pengobatan yang harus dilakukan.

Baca juga: Wajib Tahu, Deretan Skrining Kesehatan untuk 13 Jenis Kanker

Langkah Pengobatan untuk Pengidap Kanker Endometrium

Langkah pengobatan pada pengidap kanker endometrium akan ditentukan dari stadium atau tingkat penyebaran sel kanker, kondisi kesehatan pengidap secara keseluruhan, tipe kanker endometrium dan ukuran tumor, serta lokasi tumbuhnya kanker dalam rahim. Beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu:

Baca juga: Tingkat Stadium Kanker Endometrium yang Perlu Diketahui 

  • Operasi

Sampai sejauh ini, operasi merupakan langkah pengobatan yang efektif dalam menangani kanker endometrium. Prosedur yang satu ini dilakukan jika kanker masih dalam stadium awal. Ada dua jenis operasi yang dapat dilakukan, yaitu histerektomi dan salpingo-oophorectomy.

Histerektomi merupakan prosedur operasi yang menyebabkan pengidap tidak akan pernah mengandung selamanya. Sementara itu, salpingo-oophorectomy merupakan prosedur pengangkatan indung telur dan sel telur. Operasi ini juga dapat menyebabkan pengidap tidak dapat mengandung di kemudian hari.

  • Kemoterapi

Prosedur kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang dapat membunuh sel kanker dalam tubuh serta mencegah penyebarannya.

  • Terapi Radiasi atau Radioterapi

Prosedur terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan pancaran energi tinggi untuk menghancurkan sel kanker. Prosedur yang satu ini biasanya akan dikombinasikan dengan kemoterapi untuk hasil yang lebih maksimal.

Ada dua jenis radioterapi, yaitu radioterapi eksternal dan internal. Radioterapi eksternal merupakan prosedur yang dilakukan dengan menggunakan mesin pada bagian tubuh yang terkena kanker. Sementara itu, radioterapi internal merupakan prosedur yang dilakukan dengan menempatkan bahan radioaktif dalam vagina.

  • Terapi Hormon

Langkah pengobatan yang satu ini dilakukan dengan menggunakan obat yang dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh. Langkah pengobatan ini dilakukan pada pengidap kanker endometrium stadium lanjut, yang sel kankernya sudah menyebar ke luar rahim. Ada dua jenis terapi yang dilakukan, yaitu peningkatan hormon progesteron untuk menghambat sel kanker dan penurunan hormon estrogen untuk menghancurkan sel kanker yang perkembangannya bergantung pada estrogen.

Kanker endometrium ini akan dikenali melalui gejala yang muncul pada pengidapnya. Namun, tak sampai di situ saja, serangkaian pemeriksaan lanjutan juga diperlukan untuk memperkuat adanya sel-sel abnormal yang tumbuh di dalam rahim. Jika sudah diketahui, proses pengobatan akan dilakukan dengan beberapa langkah di atas.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan setelah melakukan serangkaian pengobatan, silahkan diskusikan langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. 

Baca juga: Waspadai 3 Komplikasi yang Diakibatkan Kanker Endometrium

Langkah-Langkah Mencegah Kanker Endometrium

Pada sebagian besar kasus, kanker endometrium memang tidak dapat dicegah. Namun, melakukan pap smear secara rutin dapat mendeteksi dini adanya gangguan pada rahim. Selain itu, gunakan alat kontrasepsi oral, seperti pil KB dan pertahankan berat badan ideal dengan melakukan diet sehat. Jangan lupa untuk lakukan olahraga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu. Kanker endometrium yang telat didiagnosis dan telah memasuki tahap stadium lanjut akan membahayakan nyawa pengidapnya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Understanding Endometrial Cancer.
American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2019. Endometrial Cancer.