4 Penyakit Serius yang Ditandai dengan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
sakit kepala tanda penyakit, penyakit yang ditandai sakit kepala

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini, seperti kurang tidur, lapar, hingga kebiasaan kecil seperti terlalu kencang mengikat rambut. Namun ternyata, sakit kepala yang sering terjadi bisa juga menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, lho.

Nyatanya, ada sejumlah gangguan kesehatan hingga penyakit serius yang ditandai dengan sakit kepala. Sayangnya, tidak banyak orang yang cukup menyadari hal ini dan sering tidak menganggap serius sakit kepala yang menyerang. Dampak dari sakit kepala yang sering diabaikan adalah kondisi penyakit yang mungkin jadi semakin parah, karena tidak ditangani dengan tepat.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Untuk menghindarinya, perlu tahu nih 6 penyakit serius yang sering ditandai dengan sakit kepala. Apa saja?

1. Dehidrasi

 

 

Dehidrasi alias kurang cairan dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga mencukupi asupan air dalam tubuh adalah hal yang harus dilakukan. Saat tubuh kekurangan cairan, otak akan mengalami kontraksi dan memicu sakit kepala yang tidak tertahankan.

Untuk menghindarinya, pastikanlah kamu selalu memenuhi asupan cairan tubuh. Orang dewasa dengan aktivitas fisik normal dianjurkan untuk mengonsumsi dua liter air atau setara dengan delapan gelas air putih dalam satu hari.

2. Migrain

 

 

Migrain termasuk dalam kategori penyakit yang paling populer dan banyak dikeluhkan orang. Salah satu ciri dari penyakit ini adalah sakit kepala yang terasa sangat mengganggu dan tidak tertahankan. Gejala khas dari penyakit ini adalah sakit kepala sebelah yang bisa terasa semakin menyiksa saat digerakkan. Selain sakit kepala, migrain biasanya juga disertai dengan gejala seperti mual dan sensitif.

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

Serangan migrain biasanya dapat diredakan dengan mengonsumsi obat tertentu. Jika mengalami hal ini, kamu dianjurkan untuk beristirahat secukupnya, banyak mengonsumsi air putih, cukup tidur, dan menghindari telat makan yang bisa memicu sakit kepala bertambah parah.

3. Meningitis

 

 

Sakit kepala yang terjadi hampir setiap hari dan terasa semakin parah harus diwaspadai. Sebab, bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit meningitis. Yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang selaput otak dan tulang belakang. Kondisi ini membuat seseorang bisa mengalami sakit kepala yang muncul setiap hari.

Peradangan yang terjadi pada meningitis biasanya ditemukan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Selain sakit kepala, kondisi ini juga bisa disertai dengan gejala berupa demam, kaku leher, dan perasaan yang tidak enak. Jika hal itu yang terjadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab sakit kepala yang terus berlanjut.

4. Gangguan Pembuluh Darah

 

 

Salah satu pemicu sakit kepala adalah penggumpalan darah pada otak. Selain itu, sakit kepala juga bisa saja merupakan tanda telah terjadinya pembengkakan pembuluh darah. Kondisi ini biasanya tidak ditandai dengan gejala tertentu, tetapi terkadang bisa memicu sakit kepala yang bisa sangat mengganggu.

Baca juga: Ini 3 Beda Letak Sakit Kepala

Sakit kepala yang terjadi juga bisa menjadi tanda dari penyakit aneurisme, yaitu kelainan struktur pada pembuluh darah. Pada kondisi ini, dinding pembuluh darah menjadi sangat tipis dan berbentuk seperti balon. Saat mengalami hal ini, pembuluh darah akan menjadi lebih rapuh dan mudah pecah.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Sampaikan keluhan dan masalah kesehatan pada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!