• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda

4 Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 November 2021
4 Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda

“Gagal jantung di usia muda bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu di antaranya adalah faktor genetik dari keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu riwayat kesehatan keluarga, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, dan jalani gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Kabar duka datang dari jagat hiburan Tanah Air. Pemain sinetron Suara Hati Istri, Hanna Kirana, dikabarkan meninggal dunia di usia 18 tahun, karena mengalami penurunan kesehatan dan gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung berhenti bekerja dengan baik, dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Lantas, mengapa kondisi ini bisa terjadi pada orang berusia muda? Yuk simak penjelasannya!

Baca juga: Catat, Ini 7 Kondisi yang Bisa Memicu Gagal Jantung

Berbagai Penyebab Gagal Jantung

Pada kebanyakan kasus, gagal jantung sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang lebih muda, tanpa terkecuali. 

Istilah “gagal” dalam gagal jantung berarti organ ini tidak berhasil menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi utama jantung adalah memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. 

Nah, pada kasus gagal jantung, proses ini tidak lagi berjalan dengan baik. Akibatnya, banyak organ lain yang terganggu, sehingga tak jarang berujung pada hilangnya nyawa.

Selain usia lanjut, gagal jantung juga bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab, yaitu:

  1. Hipertensi yang Tidak Terkontrol

Orang yang memiliki masalah kardiovaskular, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, lebih berisiko tinggi mengalami gagal jantung. Terutama jika ada faktor lain seperti diabetes atau obesitas. 

  1. Mengidap Kardiomiopati Dilatasi

Kerusakan pada otot jantung dapat membuat ruang utama jantung membesar dan proses memompa darah jadi kurang efektif. Ini sering menjadi penyebab gagal jantung pada orang berusia muda. 

Dalam medis, kondisi ini disebut kardiomiopati dilatasi. Penyebab paling umumnya adalah infeksi virus, penyalahgunaan obat atau alkohol, genetik, penyakit medis lainnya seperti penyakit tiroid, atau obat yang digunakan untuk mengobati kanker. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

  1. Memiliki Masalah pada Jantung

Masalah pada jantung yang sudah diidap sebelumnya juga dapat menimbulkan gejala dan tanda gagal jantung. Hal ini karena masalah jantung dapat mengganggu efisiensi keseluruhan otot jantung.

Salah satu masalah jantung paling umum yang bisa jadi penyebab adalah penyakit arteri koroner. Kondisi ini terjadi ketika timbunan kolesterol atau plak menumpuk di arteri yang memasok darah ke jantung. Akibatnya, terjadi penyumbatan yang menyebabkan serangan jantung. 

Selain itu, masalah irama jantung seperti fibrilasi atrium dan/atau masalah dengan katup di jantung, seperti bocor atau menyempit, dapat menimbulkan gejala dan tanda kondisi ini.

  1. Riwayat Keluarga dengan Penyakit Jantung

Riwayat keluarga bisa jadi salah satu faktor penting dalam menentukan risiko gagal jantung pada orang berusia muda. Faktor genetik juga diduga bertanggung jawab untuk jenis kondisi otot jantung lainnya, termasuk kardiomiopati hipertrofik (otot jantung menebal) dan gangguan otot yang terutama memengaruhi sisi kanan jantung.

Bisakah Pencegahan Dilakukan?

Gagal jantung di usia muda memang terdengar menyeramkan. Pada beberapa kasus, pencegahan bisa jadi sulit dilakukan. Misalnya jika penyebabnya adalah masalah pada jantung yang sudah diidap, atau penyakit lain yang memicu. 

Baca juga: Awas, Hipertensi Bisa Picu Gagal Jantung

Namun, upaya untuk menjaga kesehatan tetap bisa dilakukan, dengan cara:

  • Ketahui riwayat keluarga. Cari tahulah apakah orangtua, saudara, atau anggota keluarga lain ada yang memiliki masalah jantung. Seperti dijelaskan tadi, genetik merupakan salah satu faktor yang perlu diwaspadai.
  • Jalani pemeriksaan rutin. Pemeriksaan kesehatan rutin, setidaknya satu kali dalam setahun, sangat penting. Sebab, terkadang gejala seperti kelelahan, mudah diabaikan, terutama pada orang muda yang aktif.
  • Ubah gaya hidup jadi lebih sehat. Termasuk menjaga berat badan yang sehat, makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, serta hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol.

Itulah pembahasan mengenai penyebab gagal jantung di usia muda. Dapat diketahui bahwa kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk yang berusia muda.

Penyebabnya beragam, mulai dari hipertensi yang tidak terkontrol, masalah pada jantung, hingga riwayat keluarga. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan dan riwayat keluarga penting, sebagai langkah pencegahan.

Jika kamu ingin memeriksakan kesehatan, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Heart Failure Before Age 65: How Does it Happen?
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Heart Failure.